Empat Langkah Cerdas Melunasi Utang Kartu Kredit

Ilustrasi wanita terlilit utang.
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id - Salah satu alternatif alat pembayaran yang populer di masyarakat saat ini adalah kartu kredit. Kartu kredit disukai karena fiturnya yang dapat menunda pembayaran suatu transaksi ke tanggal jatuh tempo penagihan utang kartu kredit.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Selain itu, kartu kredit dapat digunakan untuk membantu berhemat karena adanya fitur diskon atau cashback, asalkan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Permasalahan yang sering dihadapi pengguna kartu kredit awam adalah menumpuknya utang kartu kredit. Bahkan, ada yang mengganggap bahwa utang tersebut bisa lunas dengan sendirinya jika dibiarkan. Tentu saja ini anggapan yang keliru.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Supaya utang kartu kredit kamu bisa cepat lunas, berikut ini empat langkah cerdas yang bisa diterapkan:

1. Pelajari pengetahuan dasar penggunaan kartu kredit

Kenapa perlu belajar? Hal ini untuk membantu mencegah timbulnya utang yang lebih besar lagi, sekaligus mengetahui penyebab kenapa kamu bisa menunggak utang kartu kredit.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Sebagai contoh, penyebab umum orang menunggak utang adalah karena melakukan pelunasan minimum dari tagihan kartu kreditnya. Melunasi minimum hanya mempertahankan status keaktifan kartu kredit, tapi kamu akan dikenakan beban bunga kartu kredit.

Baca juga: 5 Deal Terbaik untuk Hemat Kebutuhan Back To School si Kecil

2. Teliti lagi jumlah tabungan dan aset milikmu

Coba periksa ulang tabungan dan aset investasimu. Jika memang mendesak, kamu bisa mencairkan tabungan deposito atau aset lainnya untuk melunasi utangmu.

Usahakan agar kamu tidak sampai menggunakan seluruh asetmu, agar kamu tetap punya simpanan untuk keadaan darurat lainnya.

3. Perkirakan arus kas kamu ke depannya

Jika mau membuat perkiraan kas, kamu bisa mendapatkan gambaran berapa jumlah yang bisa kamu sisihkan untuk melunasi utang kartu kredit. Selain itu, kamu juga menemukan celah-celah pengeluaran yang dapat dihemat.

Jika berhasil, kamu bisa menyumbangkan penghematan untuk semakin mempercepat pelunasan utang kamu.

Baca Juga: Tangkap Empat Pelajaran Bisnis ini di Balik Kesuksesan Pokémon Go!

4. Saatnya mencari penghasilan alternatif

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan peghasilan tambahan secepatnya. Sebagai contoh, kamu bisa mejual barang-barang bekas yang tidak berguna.

Jika utang kamu bengkak karena terlalu banyak membeli baju, sepatu, tas, atau barang-barang fashion, coba pikirkan untuk menjual kembali sebagian diantaranya jika barang-barang tersebut tidak diperlukan. Cara lainnya, kamu bisa menawarkan les atau kursus suatu keahlian yang kamu miliki kepada orang lain yang membutuhkan.

Baca juga: Lima Cara Jenius Memanfaatkan Pokemon Go Untuk Meningkatkan Omset Bisnis Kamu

Apabila kamu melakukan keempat cara di atas, utang kartu kredit kamu diharapkan bisa berkurang drastis atau bahkan lunas sepenuhnya. Jangan lupa untuk menghemat beberapa pengeluaran supaya kamu bisa lebih cepat lagi mengumpulkan uang untuk melunasi tabunganmu.

Agar kamu tidak sampai terjebak lagi ke dalam utang kartu kredit, pastikan kamu hanya menggunakan kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhanmu juga. Gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya