Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik

Ilustrasi bisnis bersama teman.
Sumber :

VIVA.co.id - Banyak orang meyakini, karier dan keluarga seperti dua buah pilihan yang saling bertolak belakang. Bila memilih karier, maka orang akan kesulitan berumah tangga apalagi harus membesarkan anak.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Begitupun sebaliknya, bila memilih keluarga maka orang harus meninggalkan target-target karier yang tinggi. Padahal, sejumlah fakta berikut ini justru mematahkan keyakinan tersebut. Berikut ini alasannya:

Orang yang berkeluarga punya produktivitas tinggi

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Sarah Palin, seorang ibu lima anak yang pernah masuk nominasi wakil presiden Partai Republik Amerika Serikat (AS) adalah contoh paling gamblang. Palin berhasil mencapai puncak kariernya justru di saat dia berkeluarga dan memiliki banyak anak.

Menurut penelitian Federal Reserve Bank of St. Louis, ibu dua anak merupakan orang yang paling produktif. Mereka bisa melakukan multi tasking secara alami, seperti menulis dan mengirim email pekerjaan sembari menyusui anak atau memasak makan siang.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Baca juga: Tangkal Penyakit Berbahaya yang Mengakibatkan Kematian Mendadak dengan Makanan Ini

Orang yang berkeluarga lebih sehat dan bahagia

Kebahagiaan dan kesehatan adalah faktor penting dalam karier. Orang yang tidak bahagia atau sakit-sakitan tidak akan mendapatkan karier yang cemerlang.

Banyak studi menunjukkan bahwa orang tua yang memiliki anak cenderung lebih bahagia dibandingkan saat mereka belum berkeluarga.

Menjadi orang tua membuat kemampuan meningkat

Salah satu keahlian yang diperoleh setelah menjadi orang tua adalah keahlian seorang manajer. Alasannya, mereka terbiasa multi tasking, mengelola waktu dan tenaga serta mampu mengelola rasa stres yang timbul akibat kelelahan.

Penelitian Clark University and the Center for Creative Leadership di Greensboro, AS, mengungkap bahwa memiliki anak juga meningkatkan keahlian untuk mengembangkan bawahan. Sebab, dengan memiliki anak orang tua dipaksa untuk berkompromi, mendengarkan sekaligus mendukung anak mereka.

Baca juga: Rahasia Sukses Para Youtuber Indonesia Ternyata Sederhana. Ini Bocorannya

Berkeluarga meningkatkan kesempatan naik jabatan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mary Ann Mason mengungkap bahwa 70 persen pejabat universitas di Amerika Serikat adalah pria yang memiliki anak. Hal ini merupakan tanda bahwa pria jauh lebih sukses bila berkeluarga. Meski demikian, penelitian serupa justru tidak berlaku untuk perempuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya