Tips Jitu Merawat Rambut Keriting

Wanita dengan rambut keriting
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Bahan Alami untuk Mengobati Kerusakan Rambut
- Pemilik rambut keriting, kadang mengeluhkan kesulitan dalam merawat mahkotanya. Padahal, asal mengetahui yang dibutuhkan rambut maka mahkota Anda akan semakin mudah dibentuk.

Cara Sederhana agar Rambut Keriting Mudah Diatur

Sebenarnya yang dibutuhkan pemilik rambut keriting adalah perawatan yang mengandung pro-keratine dan
Perhatikan Durasi yang Tepat untuk Keramas
hydrolized . Keduanya, memiliki fungsi dalam memastikan rambut keriting terbentuk dengan rapi.


"Keratine dan
hydrolized
ini mengandung asam amino yang bagus untuk memberikan pelembab bagi rambut keriting," ujar spesialis kulit, dr. Eddy Karta SpKK, yang ditemui dalam acara Discipline Curl oleh Kerastase Paris di kawasan Blok M, Jakarta, Kamis, 4 Agustus 2016.


Dia menjelaskan bahwa yang membuat rambut keriting cenderung kering adalah sulitnya mendapatkan produksi minyak yang cukup hingga ke ujung rambut. Apalagi, sifat rambut keriting biasanya malah akan mengembang saat usai keramas dengan sampo yang mengandung banyak busa.


"Rambut keriting, kalau dikasih air dan sampo yang mengandung detergen (sampo biasa), malah
ngembang
karena bahan sampo itu menyerap minyak yang diproduksi. Padahal rambut keriting butuh banyak minyak rambut buat melumasi rambutnya," tutur dia.


Untuk itu, dia menyarankan untuk tidak memilih sampo yang justru menyerap produksi minyak di rambut. Selain itu, pemakaian masker serta kondisioner rambut juga sangat disarankan untuk mempermudah membentuk rambut keriting.


"Pilih sampo yang tidak memiliki banyak busa, berikan kondisioner untuk melembapkan dan konsumsi makanan yang mengandung banyak asam amino dari
seafood
dan buah-buahan," kata dia.


Pemilik rambut keriting juga tidak boleh terlalu sering menyisir rambut, karena akan membuat rambut mudah rontok. Eddy memaparkan bahwa rambut keriting dan ikal memang sulit mendapatkan sebum atau minyak alami hingga ke ujung rambut, sehingga pelembap disarankan dipakai hingga ujung rambut.


"Sisir itu berpengaruh pada kesehatan rambut keriting dan ikal, karena berkaitan dengan sebum yang dimiliki. Kalau sisir berlebihan malah mengambil sebum, makanya rambut ikal dan keriting sebaiknya dipakaikan pelembap dengan tangan dari batang hingga ujung rambut," katanya.


Dia mengatakan, menyisir rambut secukupnya dan biarkan rambut keriting dan ikal dirawat dengan kondisioner khusus untuk mencegah ragam masalah rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya