Bahaya Pemakaian Kertas Minyak untuk Wajah

Kertas penyerap minyak
Sumber :

VIVA.co.id - Meski mampu menyerap minyak berlebih di wajah, penggunaan kertas minyak ternyata tidak boleh terlalu sering. Cukup digunakan dalam kondisi darurat saja.

Lima Manfaat Nangka untuk Kecantikan

Pemakaian kertas minyak secara rutin dianggap justru bisa membuat penumpukan komedo di kulit wajah.

Produksi minyak yang menumpuk disertai bakteri yang menempel di kulit wajah menjadi kombinasi dari timbulnya komedo. Untuk mencegah datangnya komedo, biasakan untuk membersihkan wajah secara rutin usai mengenakan make-up, dibanding hanya memakai kertas minyak.

"Muka yang kotor itu memang menimbulkan komedo. Makanya perlu dibersihkan saat sudah terasa kotor dan usai memakai make-up," ujar spesialis kulit, dr. Eddy Karta SpKK kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

Menurutnya, kebanyakan orang melakukan pencegahan komedo dengan membasmi penumpukan minyak di kulit wajah. Bahkan, mereka cenderung memilih memakai kertas minyak karena dipercaya mampu menyerap produksi minyak berlebih.

"Justru saat kertas minyak ditekan untuk menyerap minyak, itu sebenarnya menahan komedo untuk keluar. Malah komedo akan tertanam kembali dan terjadi penumpukan," kata dia.

Karena itu, dia menyarankan, hanya menggunakan kertas minyak saat benar-benar dibutuhkan.

Selain itu, dr. Eddy juga mengungkap jika pemakaian kertas minyak sebaiknya tidak ditekan. Kertas tersebut cukup hanya ditempelkan pada kulit wajah.

"Pelan saja tempelkan di kulit, tidak usah ditekan. Atau dengan cara sederhana saja, seperti hidung di massage perlahan saat pagi untuk mengeluarkan produksi minyak setiap harinya," kata dia.

Ingin 15 Tahun Terlihat Lebih Muda? Coba Enam Ramuan Ini
Melaney Ricardo dan Tyson Lynch

Mengenal Tren Perawatan Wajah Asal Dubai

Kombinasi antara pijat dengan akupuntur

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016