Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek

Ilustrasi gangguan jiwa
Sumber :
  • Pixabay/Lando

VIVA.co.id - Kulit kepala yang tidak sehat dapat menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat, komedo, hingga jamur. Dan kulit kepala tidak sehat disebabkan lingkungan sekitar yang juga tidak sehat atau cara merawat rambut yang salah.

"Masalah kulit rambut pada umumnya berasal dari debu, polusi, iritasi sampo atau terlalu sering menggunakan hairdryer. Nah, dari situ bisa timbul iritasi," ujar spesialis kulit dr. Eddy Karta SpKK kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Dengan munculnya masalah kulit tersebut, tidak menutup kemungkinan produksi minyak alami, yang dibutuhkan rambut yang seharusnya normal, menjadi berlebihan. Akibatnya, rambut menjadi semakin berminyak dan lepek.

"Saat kulit banyak komedo, jerawat, iritasi, dia berusaha menyembuhkannya dengan produksi banyak minyak, makanya rambut menjadi lepek," kata dia.

Untuk itu, Eddy menyarankan, jika tidak ingin mengalami kondisi rambut lepek, hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah kesehatan kulit kepala. Dan untuk menjaga kesehatannya, dia menyarankan untuk menggunakan sampo dengan bahan yang sesuai dengan kondisi rambut.

"Lihat kondisi rambut. Untuk yang keriting, cari sampo yang berdampak pada produksi minyak dan untuk rambut yang lurus, cari sampo yang bisa menyerap minyak," kata dia.

Enggak Perlu Keramas, Rambut Juga Bisa Indah Tanpa Lepek

(ren)

Sampo Kering

Menguak Manfaat Sampo Kering untuk Rambut

Benarkah ini jadi solusi untuk wanita berhijab?

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2018