Delegasi DPR Hadiri Sidang APA di Pakistan

Sidang APA (Asian Parliamentery Assembly)
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Delegasi DPR RI menghadiri Asian Parliamentary Assembly (APA) Standing Committee Meeting on Economic and Sustainable Development, di Islamabad, Pakistan 25-29 Juli 2016 lalu. Sidang tersebut dihadiri oleh 22 dari 42 negara anggota. Delegasi DPR RI terdiri dari Tjatur Sapto Edy (F-PAN) dan Hamdhani (FP Nasdem).

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Sidang tersebut membahas enam rancangan resolusi di bidang komisi ekonomi dan Pembangunan Berkelanjutan, yakni, (1) Resolution on Financial Affairs: Ensuring Efforts for Economic Growth; (2) Resolution on the Role of APA Parliaments to Adopt Legislation in Supporting the Implementation of the Sustainable Development Goals; (3) Resolution on Asian Integrated Energy Market; (4) Resolution on Environmental Issues; (5) Resolution on Poverty Eradication dan (6) Resolution on Water and Sanitation in Asia for All.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Delegasi Indonesia, secara aktif berpartisipasi dalam diskusi sehingga berhasil memasukkan 14 paragraf usulan, yang mengakomodasi kepentingan nasional Indonesia, ke dalam  rancangan-rancangan resolusi. Rancangan resolusi itu mengenai isu energi, lingkungan hidup, SDGs, stabilisasi keuangan dan pengentasan kemiskinan.


Di sela-sela menghadiri sidang APA, Delegasi DPR RI juga melakukan tatap muka dengan masyarakat Indonesia di Islamabad dan sekitarnya yang umumnya adalah mahasiswa yang menempuh pendidikan di International Islamic University Islamabad (IIUI). Dalam kesempatan tersebut, sejumlah mahasiswa mengharapkan dukungan DPR RI diantaranya pemberian beasiswa.


Sidang akhirnya menyepakati enam rancangan resolusi tersebut diatas yang akan dibawa dan diadopsi pada Sidang Pleno ke-9, yang rencananya diselenggarakan pada tanggal 27 November-2 Desember 2016 di Siam Reap, Kamboja.

 

APA merupakan forum antar parlemen di kawasan Asia yang bertujuan untuk mendorong kerja sama dalam penyelesaian isu yang menjadi perhatian bersama. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya