Pengeluaran Hemat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil
Sumber :
  • Ist/womensclinic

VIVA.co.id - Kehamilan merupakan suatu anugerah yang diberikan Tuhan bagi seorang ibu dan keluarganya. Demi menyambut anugerah tersebut ke dunia, wajar jika keluarganya melakukan banyak persiapan yang membutuhkan banyak biaya.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Nah, kalau tidak cermat, bisa-bisa pengeluaran untuk kehamilan ini bisa menghancurkan arus kas keluarga. Apalagi, pengeluaran rumah tangga akan membengkak secara permanen ketika si kecil sudah lahir ke dunia. Supaya bisa tetap hemat, ibu hamil dan keluarganya bisa membantu dengan berbagai cara berikut:
 
1. Cari tahu mengenai tunjangan / asuransi ibu hamil dari kantor

Jika Anda pekerja kantoran, maka coba pastikan mengenai keberadaan fasilitas tunjangan kesehatan bagi ibu hamil. Ada kantor yang membantu seluruh biaya perawatan, konsultasi, hingga persalinan di rumah sakit yang ditunjuk. Ada juga yang memberikan dalam bentuk tunjangan uang tunai. Gunakan seluruh fasilitas ini dengan bijak ya.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Baca juga: Cara Menghapus Blacklist BI Checking dengan Mudah!

2. Menabung sedini mungkin

Jika usia kehamilan Anda atau pasangan masih dini, maka segeralah sisihkan tabungan dalam jumlah yang cukup banyak sejak sekarang. Perhitungkan bujet untuk berbagai persiapan kehamilan hingga kelahiran anak.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Selain itu, pengeluaran rumah tangga pasti akan naik secara permanen sejak kelahiran si kecil. Perkirakan apakah pemasukan keluarga dapat mencukup berbagai biaya yang akan timbul di masa depan dan carilah jalan untuk menghemat pengeluaran-pengeluaran yang dirasa tidak membawa manfaat.

Baca Juga: 4 Cara Memberikan Pelajaran Bisnis Kepada Anak yang Tidak Diajarkan di Sekolah!

3. Gunakan hadiah yang diterima

Biasanya teman-teman, saudara, atau mungkin kantor akan memberikan hadiah bagi yang sedang hamil. Tidak perlu malu-malu untuk menerima dan menggunakannya. Keperluan bayi seperti stroller, ranjang bayi, pakaian bayi, dan sebagainya memakan biaya yang cukup tinggi; jadi kalau Anda mendapatkanya secara gratis dengan kualitas yang baik tentu akan membantu penghematan Anda.

Baca juga: 4 Cara Membuat NPWP yang Mudah dan Praktis!

4. Cari akal untuk menghemat belanja keperluan ibu dan anak

Untuk berhemat dalam belanja keperluan ibu maupun bayi, Anda bisa memanfaatkan berbagai toko atau situs belanja online yang sedang memberikan promo berbentuk diskon atau cicilan nol persen.

Di momen tertentu seperti hari anak atau hari ibu, promo khusus kebutuhan ibu dan anak akan lebih mudah ditemui. Manfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan produk-produk yang berkualitas dengan harga yang lebih hemat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya