Festival Bunga Tomohon Disaksikan Ribuan Wisatawan

Festival Bunga TOmohon
Sumber :
  • Agustinus Hari/Manado/VIVA

VIVA.co.id - Hari ini, ribuan wisatawan mancanegara (wisman) dan domestik memadati Kota Tomohon, Sulawesi Utara untuk menyaksikan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) 2016, atau Festival Bunga Tomohon, Senin 8 Agustus 2016.

ComicFest ID, Wadah Baru Bagi Komikus Lokal

Kegiatan tahunan itu dibuka oleh mantan Presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri yang sempat molor dua jam tiba di Kota Tomohon (sekitar 25 kilometer dari Kota Manado, Ibukota Sulawesi Utara).

Megawati didaulat memukul Tatengkoran, alat tradisional khas Sulut, yang berfungsi sebagai alat pemberitahuan. Tanpa basa-basi dan sambutan, Megawati membuka kegiatan internasional tersebut.

Pantauan VIVA.co.id, terlihat jalan-jalan utama menuju Kota Tomohon dari Manado, atau pun dari Tondano dan Langowan, ditutup total untuk dijadikan jalur parade kendaraan hias bunga yang menyemarakan festival tersebut.

Sekitar 30 kendaraan yang berasal dari sejumlah negara sahabat, di antaranya Australia, Singapura, Jepang, China, dan Sekretariat ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

Untuk peserta nasional dari Kementerian Pariwisata RI, Kementerian Pertanian RI, BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) RI, Kanwil DJP Suluttenggo & Malut, dan Kementerian Agraria & Tata Ruang.

Untuk peserta pemerintah daerah terdiri dari Kota Tomohon, Kabupaten Karo, Kota Bitung, Dinas Pertanian Provinsi Sulut, Provinsi Sulut, dan Kota Gorontalo. Pihak swasta yang turut menyemarakkan acara tersebut, yakni Lippo Group, PT MSM, PT Bank Sulut, JTV, KCP Bank Sulutgo Tomohon, PT Samudera Mukia Abadi, Volvo, BRI, dan PT Melisa Mitra Abadi, PD Pasar (Asperindo), serta PAMSI.

Kendaraan peserta melintas di jalan utama Kota Tomohon. Dimulai dari kantor bekas Rindam Kakaskasen, melintasi panggung utama di pusat kota kemudian finish di Stadion Parasamya, Kelurahan Walian. Diawali vooridjer dan pembawa bendera merah putih, parade kendaraan hias dengan diiringi pasukan berkuda, komunitas sepeda antik, dan marching band.

Hal menarik lainnya adalah Fashion Flower Carnival, yakni parade yang menampilkan wanita-wanita cantik yang mengenakan kostum karya desainer bertema bunga.

"Warga sangat antusias festival kali ini," ujar Ketua Panitia yang juga Wakil Wali Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengatakan, adanya kegiatan itu mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon. Wisatawan yang datang menyaksikan acara tersebut akan banyak berbelanja dan menikmati wisata di Tomohon.

"Tomohon sekarang menjadi perhatian dunia," ujarnya.

Kegiatan ini digelar sejak 2008 silam dan mampu menyedot wisatawan ke Kota Tomohon. Lebih dari 2.000 wisatawan selalu hadir di acara tersebut. (asp)

Festival Kota Tua Habiskan Rp10 Miliar, Wagub Djarot Kaget
Festival Bunga Tomohon 2012 lalu

Ambisi Tomohon Gusur Pamor Festival Bunga Pasadena Amerika

Bakal ada pertunjukan drama raja adil dan ratu bunga cantik.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2016