Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih

Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, beroperasi mulai hari ini.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Solihin
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pagi ini meninjau pengoperasian Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno - Hatta, yang pada dini hari tadi, Selasa 9 Agustus 2016 yang secara resmi dioperasikan oleh regulator.

Terminal 3, Usaha Perbaiki Citra Bandara Soekarno-Hatta
Pengoperasian Terminal 3  yang disebut-sebut memiliki fasilitas yang tidak kalah dengan Bandara Internasional lainnya ini diharapkan mantan Direktur Angkasa Pura II itu menjadi momentum tepat bagi Indonesia, untuk bisa berkompetisi dengan bandara internasional lainnya di seluruh dunia.

Di Terminal 3, Anda Bebas Keluar Masuk Terminal
“Kami berharap, Terminal 3 bisa memberikan suatu lompatan layanan bagi Indonesia. Kita bisa berkompetisi, agar lebih baik di kancah internasional,” tutur Budi di Tangerang, Banten.

Sebagai informasi, pengoperasian Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno - Hatta (Soeta) sejatinya belum rampung seutuhnya. Namun Budi menargetkan, penyelesaian Terminal 3 akan rampung pada Maret 2017 mendatang, bersamaan dengan penyelesaian pembangunan kereta bandara.

Pada pengoperasian tahap awal, Budi mengatakan, terminal yang memiliki fasilitas baggage handling system Level 5 ini mampu menampung setidaknya sampai 12 juta penumpang. Apabila nantinya bisa beroperasi penuh, maka kapasitas tersebut akan bertambah hingga 25 juta penumpang.

“Ke depan, kami akan meningkatkan dalam jumlah yang lebih bagus. Berangsur-angsur, akan kami lakukan bulan depan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Direktur Utama AP II Djoko Murjatmodjo menegaskan, pihaknya sebagai regulator memiliki alasan tersendiri mengoperasikan sebagian Terminal 3, meskipun belum rampung sepenuhnya.

“Perlu dipahami, ini bukan karena ketergesa-gesaan. Ini sequence dari pembangunan. Ketika Terminal 3 sebagian sudah selesai, Terminal 3 eksisting harus dibongkar, dan direnovasi agar bisa disatukan,” jelas dia.

Sebagai informasi, PT Garuda Indonesia menjadi maskapai perdana yang melayani penerbangan dari Terminal 3 menuju Jayapura, Papua pada pukul 1.20 WIB dini hari tadi.

Sementara maskapai perdana yang mendarat di Terminal 3 adalah pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA101 rute Palembang - Jakarta.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya