Tujuh Bahaya Memakai Kosmetik Setiap Hari

Ilustrasi kosmetik
Sumber :
  • Pixabay/Annca

VIVA.co.id - Penerapan kosmetik sebagian besar sudah menjadi kebiasaan setiap wanita. Tidak hanya untuk menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan, kosmetik kini dapat meningkatkan daya tarik wanita.

Kosmetik memiliki kekuatan untuk mengubah penampilan seseorang hanya dalam beberapa menit. Selain dapat menutupi noda di wajah Anda, komstik juga membuat mata Anda terlihat lebih seksi, dengan menonjolkan fitur wajah dan menciptakan tampilan sempurna.

Dan berbagai produk kosmetik yang menawarkan bisa membuat penampilan lebih cantik, membuat Anda cukup sulit untuk menahan godaan tidak mengenakan kosmetik setiap hari. Namun tahukah Anda ternyata penerapan kosmetik setiap hari dapat membuat keindahan kulit menjadi berkurang.

Mitos Salah Kaprah Soal Kosmetik Mineral

Itu lantaran produk kosmetik banyak menggunakan bahan kimia. Berikut ini beberapa akibat menggunakan kosmetik setiap hari, seperti dilansir dari Boldsky.

Bulu mata rontok

Banyak orang yang memakai riasan mata teralu berat, seperti maskara, eyeshadow, dan bulu mata palsu setiap hari bisa membuat bulu mata rontok. Hal itu disebabkan efek dari bahan kimia yang hadir dalam produk tersebut.

Mata kering

Beberapa masalah yang dihadapi orang yang memakai riasan mata setiap hari adalah kekeringan dan iritasi di mata. Hal ini disebabkan karena adanya partikel dari riasan mata dapat memblokir saluran air mata dan mengurangi kelembapan mata Anda.

Kulit berminyak


Produk kosmetik seperti krim foundation, concealer dan lainnya dapat merangsang produksi sebum berlebih di kulit. Sehingga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih berminyak.

Jerawat


Perlu diketahui partikel pada kosmetik yang Anda gunakan setiap hari ternyata dapat menyumbat pori-pori kulit. Hal ini bisa menimbulkan jerawat atau noda apabila Anda tidak membersihkan riasan sebelum tidur.

Alergi

Tidak sedikit orang yang mengeluh tentang alergi seperti ruam kulit, gatal-gatal ketika mereka menggunakan merek kosmetik tertentu. Alergi bisa menjadi reaksi negatif bahwa tubuh Anda rentan terhadap bahan kimia.

Tekstur kulit tidak merata

Menggunakan kosmetik setiap hari ternyata dapat menciptakan kerusakan pada tekstur dan warna kulit Anda menjadi tidak merata. Untuk itu, perhatikan batasan pemakaian kosmetik.

Bisul

Dalam beberapa kasus, penerapan kosmetik setiap hari dapat menyebabkan reaksi parah, seperti bisul dan kerusakan lainnya pada kulit. Hal ini bisa saja terjadi karena hadirnya bahan kimia pada produk kosmetik.

Ilustrasi kosmetik/make-up.

Bahaya Kosmetik Bermerkuri dan Berpengawet

Efeknya mungkin tidak langsung terlihat.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2016