Tips Sukses Jalani Usaha Kecil dari Pengusaha Sepatu

Ihsanudin Fanani
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bimo Aria

VIVA.co.id - Meski baru memulai usaha pada 2012, Ihsanudin Fanani, bisa dikatakan sebagai pengusaha muda yang berhasil menjalankan usaha kecil menengahnya. Setiap harinya, ia mampu menjual sekitar 500 pasang sepatu, bahkan pada saat Hari Belanja Online Nasional tahun 2014, pembelinya membludak hingga 1500 pesanan.

Ditemui VIVA.co.id pada acara bertajuk Dari Indonesia untuk Dunia yang diadakan oleh Lazada, di Agro Plaza Kuningan, Jakarta Selatan, pria kelahiran 11 April 1991 ini sedikit membagikan tips sukses menjalankan usaha kecil menengahnya melalui online.

Menurutnya, pertama yang dilakukan, adalah berani mencoba terlebih dahulu. "Untuk teman- teman yang ingin nyoba untuk di dunia entrepreneur, coba saja dulu, jangan kebanyakan mikir," katanya saat ditemui Senin, 8 Agustus 2016.

Menurut dia, semua usaha apapun dimulai dari nol, dan tidak ada yang benar-benar langsung sukses dengan instan. "Karena bisnis itu tidak akan langsung besar begitu, karena sesuatu yang besar mulai dari kecil.  Dulu saya mulai dari kamar kos dan sekarang sudah ada warehouse sendiri," ujarnya menambahkan.

Selain itu, yang juga tidak kalah pentingnya, adalah mengenali potensi usaha yang dimiliki oleh daerah asal masing-masing. Karena menurut pria kelahiran Probolinggo ini, setiap daerah memiliki karakteristik, potensi dan kekhasan masing-masing. "Juga pintar memanfaatkan ini, tiap daerah kan ada potensi barangnya kaya Jakarta misalnya apa," ujarnya.

Untuk yang ragu, karena memiliki modal yang tidak banyak, Ihsan juga menambahkan bahwa untuk awalan bisa dengan memasarkan produk orang lain terlebih dahulu. "Jadi, kalau belum dapat produk, coba jual punya orang lain dulu, kita modalnya marketing saja, dipasarkan saja dulu," katanya.

"Ketika sudah ada sale, kita kumpulkan buat modal dan buat ambil lagi. Keuntungannya kita kumpulkan lagi. Saya hampir dua tahun bisa dibilang enggak ambil gaji saya, saya hanya ambil untuk makan, sisanya untuk mengembangkan usaha.”

Dari Bisnis Online, Pria 25 Tahun Bisa Beli Rumah dan Mobil

(mus)
 

Ihsanudin Fanani

Kisah Sukses Pria Probolinggo, Pilih Berdagang daripada PNS

Ihsanudin Fanani, 25 tahun, menjual 500 pasang sepatu setiap hari.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016