Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id - Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir mengungkapkan, pihaknya tahun ini  akan mengakuisisi anak usaha PT Pertamina (Persero) di bidang panas bumi, yaitu PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Terobos Pendemo, Menteri Rini Naik Motor Patwal

 Menurutnya, hal itu merupakan arahan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno. 

"Beberapa waktu lalu saya, Bu Rini dan Dirut Pertamina bertemu bersama-sama. Itu arahan dari kementerian BUMN, Jadi kalau ada arahan dari Bu Rini sudah pasti harus dilaksanakan," kata Sofyan ditemui di sela acara Internasional Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu 10 Agustus 2016. 
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
 
Menurutnya, pihaknya akan mencari dana untuk melakukan aksi korporasi tersebut, baik melalui pinjaman dan cara lainnya. Namun, ia enggan menyebut berapa dana yang dibutuhkan perseroan.
Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE
 
"Jangan dibuka harganya dong," kata dia. 
 
Sofyan menyampaikan, Menteri BUMN, Rini Soemarno menjelaskan akuisisi ini didorong guna mencapai target penggunaan energi panas bumi atau geothermal yang ditargetkan mencapai 7.000 mega watt pada 2025. 
 
"Kan kalau Pertamina dan PLN digabung untuk mengelola PGE lebih besar kemampuannya untuk eksplorasi. Misalnya, kalau swasta kan berat kalau bor tidak ada. Akan berat karena keterbatasan keuangan," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya