Anies Baswedan Cinta Musik Melayu, Kenapa?

Jakarta Melayu Festival 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria
VIVA.co.id
Eksistensi Penyanyi Hidupkan Musik Melayu
- Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Anies Baswedan ternyata memiliki ungkapan kecintaan tersendiri pada musik melayu. Menurutnya, musik melayu tidak hanya sekadar musik yang menghibur, namun juga kental akan pesan-pesan yang mendalam tentang kehidupan.

Tantowi Yahya: Musik Melayu akan Meledak Kembali

Hal ini diungkapkannya ketika menghadiri jumpa pers Jakarta Melayu Festival 2016, di rumah makan Pempek Kita, Tebet Jakarta Selatan, pada Rabu, 10 Agustus 2016. Ia mengungkapkan bahwa syair dan lirik musik melayu begitu berkesan hingga membekas di alam bawah sadarnya.
Blusukan di Mampang, Sandi Dicegat Kiai Berjubah


"Kita ketahui dalam musik ada syair dan itu bisa masuk ke dalam alam bawah sadar. Pesan dalam lagu akan menempel di alam bawah sadar kita," katanya.


Inilah yang kemudian menjadi kekuatan dari musik-musik melayu dalam memikat para pecinta setianya. Menurutnya, syairnya bukan hanya susunan bait tanpa makna, melainkan pesan-pesan moral tentang kehidupan.


"Salah satu kekuatan musik melayu ada pada syairnya. Bagaimana mengirimkan tentang pesan moral, kehidupan, keindahan dan ini yg harus kita teruskan dan kita besarkan," lanjutnya.


Selain itu, irama dan harmoni yang dilantunkan musik melayu, menurutnya juga sebagai ungkapan ekspresi kecintaan terhadap budaya. Untuk itu, ia juga ingin ada dukungan yang besar dari berbagai pihak untuk kembali mengangkat musik melayu sebagai salah satu budaya dari bangsa Indonesia.


"Benar sekali bahwa pemerintah memang harus memberikan dukungan untuk kebudayaan kita. Tapi lebih dari doa dan dan bentuk sumber daya yang harus lebih besar," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya