Ketahui Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi

Ilustrasi wajah perempuan.
Sumber :
  • Pixabay/futurials

VIVA.co.id - Ketika kulit wajah mulai terlihat dan terasa kering, hal biasa yang dilakukan adalah menggunakan pelembap wajah yang berat. Mungkin cara itu akan sedikit membantu, namun mungkin juga tidak lantaran masalah yang dialami kulit berbeda.

Sebelum menerapkan produk apapun ke wajah, ada baiknya mengetahui penyebab dan masalah kulit yang sebenarnya terjadi. Sebab, selain kering, kulit juga sering mengalami dehidrasi.
 
"Mungkin sulit untuk percaya, tetapi kulit dehidrasi sebenarnya jauh lebih umum daripada kulit kering," kata Elena Arboleda, Kepala ahli perawatan kulit di Mario Badescu Skin Care, seperti dilansir dari Hufffington Post.

Menurut dia, ada perbedaan yang cukup signifikan antara dua kondisi kulit tersebut. Dia menuturkan kulit dehidrasi bisa terjadi karena Anda tidak cukup minum air atau bisa disebabkan faktor eksternal, seperti sistem pemanas atau pendingin ruangan, paparan sinar matahari atau suhu dingin. Adapun tanda-tanda fisik dari kulit dehidrasi, seperti kulit ketat, pori-pori menjadi lebih kecil dan bersisik, tekstur bersisik atau kasar.

Sementara kulit kering adalah kondisi kulit yang kekurangan minyak. "Seperti berkurangnya lipid karena usia. Itu mengapa kulit kering lebih banyak dialami orang tua," kata Arboleda.

Tanda-tanda kulit Anda kering, seperti gatal, kemerahan dan kulit tampak abu-abu, yang biasanya dialami oleh individu berkulit lebih gelap.

Karena itu, Arboleda mengatakan bahwa sangat penting untuk mencari tahu pilihan gaya hidup atau faktor eksternal yang dapat menyebabkan kulit Anda mengalami dehidrasi. Anda disarankan mengunjungi dokter kulit atau aesthetician, sehingga mereka dapat merekomendasikan perawatan kulit terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Sementara untuk memperbaiki kondisi kulit dehidrasi, Arboleda menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung bahan pelembap, seperti asam hyaluronic dan kolagen. Untuk kulit kering, bisa menggunakan produk-produk yang mengandung minyak dan lipid.

"Menghidrasi tidak hanya penting untuk kulit Anda, tetapi untuk setiap organ dalam tubuh. Kulit juga membutuhkan lemak sehat, seperti salmon, alpukat, minyak zaitun. Bahan-bahan itu baik bagi Anda yang mengalami kulit kering atau dehidrasi," tutur dia.
 

Kulit Mengalami Dehidrasi? Kenali Tanda dan Solusinya
Ilustrasi tangan wanita.

Deretan Penyebab Dehidrasi Kulit yang Harus Diketahui

Dehidrasi kulit merupakan salah satu penyebab utama kulit kering.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2017