Bahan Alami untuk Mengobati Kerusakan Rambut

Ilustrasi gangguan jiwa
Sumber :
  • Pixabay/Lando

VIVA.co.id - Kerusakan rambut menjadi salah satu masalah yang sangat ditakutkan banyak orang, terutama kaum wanita. Adapun penyebab rambut rusak, di antaranya gaya hidup, polusi dan sinar matahari.

Penyebab lainnya, menggunakan alat styling rambut terlalu sering dan produk rambut berbahan kimian dalam jangka panjang. Untuk mengobati kerusakan rambut, berikut ini caranya, seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Mentega

Aplikasikan pada rambut, lalu pijat terutama pada area yang mengalami kerusakan. Setelahnya, sanggul rambut dan diamkan selama 15-20 menit, kemudian cuci dengan sampo. Mentega akan memberi nutrisi dan membuat rambut bersinar alami.

2. Lidah buaya

Bahan ini mengandung vitamin dan enzim yang dapat berguna untuk rambut Anda. Aplikasikan lidah buaya dan pijat di area yang mengalami kerusakan sebagai perawatan sebelum mencuci rambut. Bahkan, Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai kondisioner usai mencuci.

3. Pisang

Satu pisang sangat baik untuk rambut rusak karena mengandung kalium yang dapat merawat rambut. Pisang akan menyembuhkan kerusakan pada akar, membuat rambut nampak bersinar dan sehat.

4. Minyak zaitun

Panaskan minyak zaitu lalu aplikasikan untuk dipijat secara perlahan di rambut. Cara ini sangat baik untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepala dan membuatnya bercahaya.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab alami yang baik untuk rambut dan tubuh. Minyak kelapa dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit kepala, sehingga menjauhkannya dari kerusakan rambut.

Caranya, pijat minyak kelapa hangat ke rambut dan kulit kepala, dan diamkan satu hingga dua jam atau semalaman, kemudian cuci dengan sampo.

6. Telur

Protein yang terkandung di telur dapat dijadikan sebagai masker alami untuk rambut rusak. Campurkan putih telur dengan sampo dan gunakan sebagai masker.

7. Alpukat

Hancurkan alpukat dengan garpu untuk membuatnya menjadi masker rambut. Kandungan alpukat kaya akan lemak tak jenuh, protein, vitamin, kalium dan mineral lainnya sehingga baik untuk kesehatan rambut.



(ren)

Tips Jitu Merawat Rambut Keriting
ilustrasi creambath

Perhatikan Durasi yang Tepat untuk Keramas

Jangan terlalu sering, sebaiknya cuci rambut dalam waktu 48 jam sekali

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016