Waspada Jerawat Kekinian Bisa Menyerang Siapa Saja

Jerawat sering dialami oleh wanita.
Sumber :
  • doctoroz

VIVA.co.id - Salah satu masalah kulit wajah yang sering diderita dan mengurangi rasa percaya diri seseorang adalah jerawat. Apalagi, sekarang muncul jerawat kekinian yang bisa dialami oleh siapa saja dan di usia berapapun.

Global simposium yang sebelumnya diadakan untuk membahas jerawat menemukan beberapa faktor yang mengubah munculnya jerawat. Dan sekarang, jerawat modern atau kekinian tidak hanya dialami oleh anak pubertas tapi juga orang dewasa, bahkan anak-anak.

"Sekarang sudah ada jenis jerawat kekinian, di mana bisa timbul pada siapa saja, mulai dari anak-anak, bahkan wanita premenopause," ujar dr. Eddy Karta, SpKK dalam acara Pond's Acne Solution di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis, 11 Agustus 2016.

Salah satu pemicu jerawat kekinian adalah stres. Di samping itu, waktu kerja yang terlalu lama serta paparan gadget juga dapat menimbulkan radang pada kulit.

Konsumsi makanan gorengan juga dapat mengakibatkan tumpukan jerawat. Bahkan, gaya hidup serba cepat yang membuat pola hidup berubah menjadi pendorong timbulnya jerawat.

"Perubahan hormonal dan aneka stres, juga malasnya membersihkan wajah sebelum tidur bisa memicu jerawat. Apalagi menutupi kulit dengan riasan malah menutup pori-pori membuat komedo terbentuk dan jerawat meradang," kata dia.

Karena itu, dia menyarankan tidak malas membersihkan kulit wajah secara rutin. Dia juga mengingatkan untuk menghindari pemakaian kosmetik dengan kandungan comedogenic atau yang mampu menimbulkan komedo dalam waktu lama.

Pakai Highlighter Bisa Picu Timbulnya Jerawat?

(mus)

Ilustrasi Jerawat

5 Kebiasaan yang Sering Kamu Lakukan Ini Ternyata Penyebab Jerawat

Ternyata ada di sekeliling kita.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2019