Kenali Komedo Hitam Pemicu Jerawat

Ilustrasi menutup hidung.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Komedo adalah salah satu masalah kulit yang menggangu penampilan. Kondisi yang diakibatkan dari penumpukan minyak dan kotoran wajah yang menyumbat pori-pori ini bisa jadi pemicu masalah  timbulnya jerawat.

7 Tips Pakai Sunscreen yang Tepat, Dijamin Bisa Hempas Komedo

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya komedo, dari facial, scrub wajah, hingga menempelkan pore pack. Namun tetap saja terlihat komedo-komedo membandel yang sulit hilang.

Perlu dipahami, komedo terdiri dari dua jenis yaitu yang berwarna hitam dan putih. Keduanya terbentuk dari hal yang berbeda.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

"Awalnya produksi sebum atau minyak berlebih lalu terpapar polusi dan debu. Saat saluran kelenjar minyak tersumbat, terbentuklah komedo hitam," ujar spesialis kulit, dr. Eddy Karta, SpKK, yang ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis 11 Agustus 2016.

Untuk komedo putih, terbentuk akibat wajah yang kering akibat terpapar udara yang cenderung membuat minyak tertahan di dalam salurannya. Untuk itu, dr. Eddy menyarankan agar wajah tidak terlampau sering terkena paparan angin di wajah.

5 Manfaat Ajaib Buah Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Wanita

"Biasanya angin saat naik motor atau paparan ac ke wajah, itu bisa menekan minyak nggak keluar. Jadinya terbentuk komedo putih," jelasnya.

Namun, yang patut diwaspadai adalah munculnya komedo hitam yang jika dibiarkan serta terpapar tumpukkan bakteri, bisa menimbulkan infeksi. Dari infeksi itu, lama kelamaan akan timbul peradangan yang menjadikan jerawat kemerahan di wajah.

"Wajah punya bakteri yang normal ada di situ. Tapi, saat tidak adanya oksigen di area itu, ia akan berkembang biak semakin banyak dan menimbulkan radang menjadi jerawat," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya