Transfer ke Daerah Dipangkas, Jabar 'Disunat' Rp400 Miliar

Gedung Sate Jln. Diponegoro, Bandung
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pemerintah pusat memangkas anggaran transfer ke daerah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 sebesar Rp68,8 Triliun. Karena hal tersebut, transfer ke Provinsi Jawa Barat dipangkas sekitar Rp400 miliar. 

Prabowo Diklaim Perintahkan Hal Ini ke Dedi Mulyadi

"Informasi yang saya peroleh (dari Kementerian Keuangan), pengurangan (dari) pusat cukup besar, Jabar terkena (pemangkasan) Rp400 miliaran,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa di lapangan Gasibu Bandung, Jumat 19 Agustus 2016.

Menurut Iwa, pihaknya hingga saat ini belum mendapat tembusan pengalokasian dana tersebut dan segera masuk dalam pembahasan Anggaran Pendapatan danBelanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2016. 

Penampakan Pegi Kasus Vina Cirebon Beda dengan Ciri-ciri Saat Jadi DPO, Ini Respons Polisi

"PMK (Peraturan Menteri Keuangan)nya sudah turun. Sedang kita susun rancangan perubahan dan nanti kami bahas dengan dewan," tambahnya.

Namun, pemprov telah mengkaji beberapa langkah efisiensi yang akan dilakukan. Antara lain, penundaan renovasi sejumlah kantor Dispenda dan pembangunan kantor Pusat perizinan terpadu dan Badan Penanaman Modal. Pengadaan barang dan jasa, serta program yang tidak prioritas pun digeser pelaksanaannya. 

Nusantara Regas Cetak Pendapatan US$81 Juta di 2023 dari Regasifikasi LNG

Dengan langkah tersebut, diperkirakan penghematan yang bisa dihasilkan sekitar Rp205 miliar. Untuk menutupi kekurangan anggaran, pemprov menyisihkannya dari Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa). 

“Kalau melihat dana yang dikurangi pusat, kami tetap harus mencari lagi,” kata Iwa. (asp)

Ridwan Kamil di Singapura di Hadapan Mahasiswa Asal Indonesia

Ridwan Kamil Berbagi Ilmu Kepemimpinan dan Entrepreneurship ke Mahasiswa Indonesia di Singapura

Di Singapura Ridwan Kamil tidak sekedar mengisi kuliah saat berada di National University of Singapore (NUS). Tetapi ia juga memanfaatkan untuk berbagi ilmu kepemimpinan.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2024