Studi: Wanita Terprogram untuk Berselingkuh

Ilustrasi wanita bermain handphone.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Para peneliti mengklaim bahwa manusia secara naluriah tidak akan bertahan pada satu pasangan saja dalam satu waktu. Mereka percaya bahwa manusia telah berevolusi untuk terus mencari pasangan lain, saat masih menjalin hubungan.

Ira Nandha dan Elmer Syaherman Kembali Terlihat Bersama, Rujuk?

Yang mengejutkan adalah studi tersebut mengungkap bahwa wanita secara khusus telah diprogram untuk berselingkuh sebagai rencana cadangan mereka, kalau-kalau hubungan mereka dengan pasangannya tidak berjalan baik.

Dilansir dari laman The Sun, David Buss dan Cari Goetz, ketua studi ini menyimpulkan, manusia telah berevolusi untuk menguji terus hubungannya dan mencari pilihan yang lebih baik di tempat lain.

Terpopuler: Fakta Baru Perselingkuhan Andrew Andika, Netizen Bongkar Keburukan Muhammad Fardhana

"Suami itu seperti panekuk. Sudah lumrah membuang lapisan pertamanya," kata para peneliti mengutip perkataan karakter yang diperankan Jennifer Love Hewitt, dalam film The Client List.

Mereka berargumentasi bahwa wanita telah diprogram untuk mencari pasangan lain, seperti di kehidupan ribuan tahun lalu. Di saat manusia punya umur singkat, kehidupan yang brutal membuat para nenek moyang kita selalu menyimpan pasangan lain yang potensial sebagai cadangan kalau pasangan mereka meninggal dunia.

7 Tahun Tutupi Perilaku Andrew Andika, Tengku Dewi: Orang Liatnya Happy Family

Insting bertahan hidup yang sudah lama tertanam inilah, yang mendasari perilaku selingkuh di era modern ini, meskipun kehidupan di masa sekarang sangat jauh berbeda. Ini artinya, wanita masih memiliki insting untuk mencari pasangan potensial lain, meskipun mereka sudah punya hubungan yang bahagia dan stabil.

Para peneliti mengklaim, hal ini berarti wanita akan terus membandingkan pasangannya dengan siapa pun dalam hidup mereka, karena mereka sudah terprogram untuk selalu mencari yang terbaik.

Para ilmuwan ini menyebut, tindakan ini adalah bentuk 'asuransi pasangan', bahwa wanita belajar dari perselingkuhan untuk menentukan apakah layak untuk tetap bertahan dengan pasangan mereka, atau tidak. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya