Definisi Sukses Menurut Miliarder Richard Branson

CEO Virgin Group, Richard Branson.
Sumber :
  • REUTERS/Luke MacGregor/Files

VIVA.co.id – Richard Branson menghasilkan satu juta dolar Amerika Serikat pada usia 23 tahun. Hari ini, pendiri Virgin Group itu memiliki nilai kekayaan US$5,1 miliar.

Kunci Sukses Berbisnis Orang Terkaya ke-6 di RI Chairul Tanjung

Disinggung soal definisi sukses, Branson menyatakan, kekayaan tidak ada hubungannya dengan itu.

"Terlalu banyak orang mengukur kesuksesan mereka dengan berapa banyak uang yang mereka hasilkan, atau dengan siapa mereka bergaul," tulis Branson di Linkedin seperti dikutip dari CNBC, Senin 22 Agustus 2016.

Bos Louis Vuitton Jadi Orang Terkaya Dunia, Segini Hartanya

"Bagi saya, kesuksesan seharusnya diukur dari seberapa bahagia Anda," ucapnya.

Diutarakannya, ada konsep umum yang salah bahwa uang adalah ukuran sukses setiap pengusaha. "Itu bukan, dan tidak harus itu," ujarnya.

Banyak Miliarder Dunia Ternyata Pemilik 4 Zodiak Ini

Branson menceritakan bahwa dia terjun ke dunia bisnis, bukan untuk menghasilkan uang. Dia mengungkapkan, setiap produk dan pelayanan Virgin diciptakan menjadi nyata untuk membuat sebuah perbedaan positif di kehidupan orang-orang.

"Dengan berfokus pada kesenangan konsumen, kami telah membangun sebuah kelompok perusahaan-perusahaan yang sukses," ucapnya.

Menurutnya, kebahagiaan bukan saja sebuah indikator untuk mengukur tingkat kebahagiaannya, melainkan juga kunci kesuksesan itu sendiri.

"Banyak orang akan mengansumsikan kesuksesan bisnis dan kekayaan yang datang bersamanya, telah membuat saya bahagia. Namun, saya tahu saya sukses, kaya, dan terhubung karena saya bahagia," katanya.

Branson bukan satu-satunya miliarder yang memiliki definisi sukses tidak ada hubungannya dengan uang. Investor saham ternama dan orang terkaya nomor tiga dunia, Warren Buffett, mengukur kesuksesan dari berapa banyak orang yang mencintai Anda.

"Pada dasarnya, ketika Anda mencapai umur saya, Anda akan benar-benar mengukur kesuksesan Anda di dunia dari berapa banyak orang yang mencintai Anda. Bila Anda memasuki usia saya, dan tidak ada orang peduli pada Anda, tidak peduli berapa banyak rekening bank Anda, hidup Anda adalah sebuah bencana," kata pria berusia 85 tahun itu.  

"Itulah ujian akhir dari bagaimana Anda tetap menjalani hidup Anda," tutur Buffett. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya