Khasiat Tersembunyi Limbah Dapur untuk Kecantikan

Ilustrasi kecantikan/wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla

VIVA.co.id – Banyak wanita rela menghabiskan banyak uang untuk merawat kecantikannya demi terlihat menarik. Namun ada beberapa alternatif yang lebih murah dan mudah yang bisa Anda lakukan.

Sederet Manfaat Pisang untuk Kecantikan

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan limbah dapur sebagai bahan kecantikan, mulai dari endapan kopi bubuk hingga kulit pisang. Berikut ini beberapa limbah rumah tangga yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan Anda, seperti dilansir dari Daily Mail.

Kulit pisang

Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah dengan Scrub Kulit Pisang

Kulit pisang memiliki banyak kegunaan. Pertama, karena memiliki kandungan magnesium dan kalium yang tinggi, kulit pisang berguna sebagai pemutih gigi alami.

Caranya, gosokkan dengan lembut kulit pisang bagian dalam yang berwarna putih ke gigi selama dua menit setiap hari. Mineral dalam kulit pisang dapat memutihkan noda di permukaan gigi.

Didukung Golkar Maju Pilgub Jatim 2024, Khofifah: Ini Mandat yang Sangat Berharga

Kulit pisang juga dapat mengobati jerawat. Caranya, potong kecil kulit pisang dan gosok dengan lembut kulit pisang bagian dalam ke area jerawat. Biarkan selama dua jam hingga kulit pisang berwarna coklat tua atau hitam, kemudian hapus. Biarkan bekas kulit pisang pada wajah semalaman dan cuci hingga bersih keesokan paginya.

Endapan kopi

Endapan kopi bisa memberikan keajaiban untuk menyembuhkan mata bengkak, pengelupasan kulit, dan membuat rambut lebih bersinar.

Untuk menenangkan mata merah dan bengkak, sisihkan endapan kopi dan tempatkan di atas handuk kertas untuk mengeringkannya. Kemudian campur dengan sedikit air untuk membuatnya menjadi pasta. Setelah itu, olesi pasta tersebut di bawah mata Anda dan biarkan selama 15 menit sebelum mencucinya.

Anda juga bisa mencampur endapan kopi yang sudah dikeringkan dengan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak kelapa untuk membuat scrub wajah yang menyegarkan. Scrub tersebut juga dapat digunakan sebagai sampo untuk melembutkan rambut.

Sisa lemon

Sisa potongan lemon bisa Anda gunakan untuk mencuci tangan yang bau atau amis. Caranya, gosok tangan dengan sisa potongan lemon selama beberapa menit sebelum dicuci.

Sementara kandungan asam yang ringan dalam kulit lemon berfungsi sebagai toner wajah yang murah dan mudah. Caranya, tekan lemon dan gosokkan dengan lembut di wajah Anda, kemudian biarkan selama 10-15 menit sebelum mencucinya.

Selain itu, sisa lemon dapat menghapus noda dari pakaian favorit Anda dengan cara menggosoknya di daerah yang ternoda dan biarkan semalaman sebelum mencucinya.

Kantong teh

Kantong teh dapat digunakan untuk menenangkan mata bengkak serta kulit iritasi dan kemerahan. Teh hitam dan hijau mengandung tanin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit. Basuh kantong teh yang sudah dingin ke daerah yang bengkak atau memerah.

Tomat

Daripada membuang tomat yang terlalu masak, Anda bisa menggosokkannya ke wajah Anda untuk mengobati sengatan sinar matahari. Kandungan likopen, yang tinggi antioksidan dalam tomat dapat mengurangi dampak inflamasi akibat UV dengan menetralkan molekul berbahaya yang diproduksi pada kulit.

Sementara tomat yang beku bisa diolah dengan mengeluarkan bijinya, lalu aduk menjadi pasta yang menenangkan untuk masker wajah. Sementara tomat yang belum matang dapat digunakan untuk membantu mencegah kulit terbakar.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya