Cinta pada Pandangan Pertama Ternyata Hanya Mitos

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Ungkapan 'Cinta pada pandangan pertama' tampaknya hanya sekadar mitos. Pria dan wanita harus bertemu setidaknya empat kali sebelum mereka terpanah asmara. Demikian menurut sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Bright Vachirawit Konfirmasi Hubungan Asmaranya dengan Nene Pornnapan

Dalam studi itu, para peneliti dari Hamilton College di Amerika Serikat memberikan foto-foto wajah orang kepada sekelompok pria dan wanita muda. Namun, sebelumnya mereka sudah dipasangkan alat-alat khusus untuk memonitor aktivitas otak mereka. Para peserta studi lantas diminta memberikan nilai pada wajah-wajah orang yang telah mereka lihat melalui foto.

Hasilnya, banyak peserta studi yang diberikan foto wajah yang sama untuk kedua kalinya menilai wajah tersebut menarik. Bahkan, ketertarikan mereka lebih tinggi ketika ditunjukkan foto wajah yang sama untuk ketiga kalinya dan kian menguat ketika ditunjukkan untuk yang keempat kalinya. Demikian dilansir dari Times of India.

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan

Dari monitor terlihat adanya aktivitas ekstra di otak yang berhubungan dengan kesenangan dan kepuasan, yakni di bagian tengah otak.

"Secara mengejutkan, orang seringkali merasa tertarik pada seseorang setelah beberapa kali bertemu, bahkan ketika mereka sama sekali tidak tertarik saat pertama kali bertemu," ujar Ravi Thiruchselvam, psikolog di Hamilton College.

Nikita Mirzani Bongkar Kelakuan Pasangan yang Posesif: Sindir Rizky Irmansyah?

Ia menambahkan, "Panah Cupid (peri cinta) seringkali terlambat menyerang."

Meski begitu, ketertarikan yang muncul di pertemuan ketiga, keempat dan seterusnya bisa muncul kemungkinan karena melihat wajah yang sama secara berulang-ulang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya