Bangun Pabrik di Serbia, Indofood Kucurkan Rp162,5 Miliar

Presiden Serbia Tomislav Nicolic resmikan pabrik mi instan milik PT Indofood
Sumber :
  • KBRI Beograd

VIVA.co.id – Presiden Serbia, Tomislav Nicolic meresmikan pabrik mi instan Indomie milik PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) di Kota Indjija, Serbia atau sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota negara Serbia, Beograd pada Jumat 2 September 2016. 

Wapres JK Sebut Nigeria Tujuan Investasi Perusahaan RI

Pabrik mi instan tersebut merupakan salah satu bentuk penetrasi pasar non-tradisional yang dilakukan oleh PT Indofood Sukses Makmur dalam mengembangkan ekonomi dengan dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beograd.

Dikutip dari akun Facebook resmi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beograd, pada Sabtu 3 September 2016, disebutkan Pabrik yang dibangun di atas tanah seluas 5 hektare tersebut memiliki total nilai investasi sebesar 11 juta Euro atau setara dengan Rp162,5 miliar dengan kurs Rp14.772 per euro. 

Dua Merek Indonesia Masuk 10 Daftar Paling Populer di Dunia

Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi yang dapat mencapai 500 ribu kardus/box Indomie per bulan dengan distribusi ke seluruh wilayah Eropa. Pabrik yang beroperasi mulai sejak Agustus 2016 ini telah menyerap ratusan tenaga kerja di Serbia yang mayoritas merupakan generasi muda Serbia.

Peresmian pabrik indofood di Serbia

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

Peresmian pabrik ini sangat disambut masyarakat setempat, dan sangat menyambut baik kehadiran investasi Indonesia di Serbia. Selain itu, dukungan penuh dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di Serbia terhadap Indofood merupakan faktor-faktor yang berperan besar pada investasi ini.

Duta Besar RI untuk Serbia, Harry R.J. Kandou mengungkapkan, bahwa kehadiran Indofood di Serbia merupakan bukti nyata dari inisiatif Indonesia memperkuat hubungan kerja sama kedua negara di bidang ekonomi. 

Harry juga menekankan, bahwa KBRI Beograd akan senantiasa memberikan dukungan penuh bagi kalangan bisnis Indonesia dalam meng-explore berbagai peluang bisnis di Serbia dan sebaliknya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya