Ini Negara dengan Nilai Mata Uang di Bawah Rupiah

uang rupiah.
uang rupiah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Seperti yang telah diketahui, Indonesia merupakan salah satu dari sekian negara yang tergolong sebagai negara berkembang di dunia. Perkembangan Indonesia memang naik turun baik dalam banyak aspek, seperti di bidang ekonomi, sosial, budaya, hukum, politik, dan lainnya.

Semua masalah yang sedang dialami suatu negara, akan memengaruhi stabilitas ekonomi. Hal ini juga berlaku pula untuk Indonesia, di mana geliat ekonominya yang tampak naik turun dalam hal nilai tukar mata uangnya. Gejolak dinamika nilai tukar mata uang rupiah, bisa dikatakan semakin menurun dibandingkan selama dua dasawarsa terakhir karena banyak faktor penyebabnya.

Kondisi rupiah memang menjadi mata uang yang rendah dibandingkan dengan mata uang negara lain, termasuk di wilayah negara tetangga yang berdekatan langsung dengan Indonesia.

Namun, kondisi ini bukan menjadi alasan untuk tidak bangga dalam berbangsa Indonesia. Mencintai mata uang rupiah sangat penting apapun kondisinya. Mata uang yang rendah akan dianggap sebagai  mata uang yang paling murah, yang biasanya juga turut memengaruhi daya tarik negara lain.

Namun, ternyata Indonesia tidak sendiri. Masih ada beberapa negara lain di dunia, yang memiliki nilai tukar mata uang rendah, bahkan lebih rendah dari Rupiah Indonesia.

1.    Belarus Ruble

Mata uang negara Belarus adalah Belarus Ruble. Belarus merupakan salah satu negara yang posisinya berada di kawasan benua biru, tepatnya Eropa Timur.