Tips Membedakan Mutiara Lombok Palsu dan yang Asli

Mutiara Lombok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Berbicara mengenai mutiara Lombok, tentu dapat menjadi salah satu alternatif buah tangan untuk orang tercinta dari Lombok. Saat ini, bahkan Anda tak perlu jauh-jauh ke Lombok untuk mendapatkan mutiara menawan khas Indonesia itu, karena pengusaha mutiara ini sudah tersebar di berbagai penjuru di Indonesia.

Melihat Indahnya Mutiara dari Nusa Tenggara

Namun, terkait dengan perhiasan tentu kita tak mau disuguhkan perhiasan yang palsu, apalagi kadung terbeli. Kreativitas manusia kini susah terbendung bahkan berbuah hal negatif jika disalurkan untuk membuat barang palsu.

Salah satu Pengusaha Mutiara Lombok, Indah Purwanti (30) memberikan tips bagaimana cara membedakan mutiara yang palsu dan yang asli. Mutiara Lombok palsu disebut dapat dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab dengan bahan plastik.

Keluarga Kerajaan Perempuan Pakai Mutiara Selama Berduka, Ini Maknanya

"Kalau yang asli dengan mata telanjang saja bisa diukur secara manual bisa, dia kalau palsu, dipakai benda tajam digores, maka tergores, kalau benda asli enggak tergores, benda tajam seperti jarum gunting itu bisa," kata  Indah, kepada VIVA.co.id, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan satu tips lagi, di mana selama mutiara lombok itu asli, jika dipanaskan dengan api maka mutiara tersebut tidak akan meleleh. Mutiara palsu disebut akan meleleh jika dipanaskan dan akan mengelupas jika sudah disimpan terlalu lama.  

Cantiknya Mutiara Baswedan dengan Headpiece Rancangan Rinaldy Yunardi

"Trus mutiara Lombok dia kalau terbakar enggak meleleh. Kalau imitasi pasti leleh, lama-lama dia kalau palsu juga mengelupas sendiri," ungkap dia. 

Menurut Indah, konsumen perlu mencurigai jika ada oknum yang menjual mutiara Lombok dengan harga yang begitu murah. Ia sendiri menjual dengan harga Rp250 ribu untuk satu produk mutiara Lombok dengan harga yang paling murah. 
 

Atlet dayung Chelsea Corputty/Mutiara Rahma sabet perunggu Asian Games 2022

Dayung Sabet Perunggu Asian Games 2022, Determinasi Jadi Kunci Chelsea/Mutiara

Duet atlet dayung putri Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri sukses merebut medali perunggu Asian Games 2022.

img_title
VIVA.co.id
24 September 2023