Tiga Ramuan Alami Atasi Rambut Bercabang

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA.co.id – Salah satu tanda kerusakan rambut adalah munculnya rambut bercabang. Biasanya hal ini terjadi karena suhu ekstrem atau stres yang mengakibatkan lapisan pelindung rambut rusak. Hal ini disebabkan paparan sinar ultra violet (UV), pemakaian bahan kimia pada perawatan rambut, atau menggunakan air panas saat keramas.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Untuk mengatasi masalah rambut bercabang, Anda bisa melakukan perawatan alami. Berikut ini beberapa ramuan yang bisa Anda gunakan, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Minyak kelapa

Rambut Capek Sering Bikin Mood Jelek? Yuk Cek Ciri-cirinya!

Kandungan antioksidan dalam minyak kelapa mengembalikan keseimbangan derajat keasaman (pH) di kulit kepala, membersihkan pori-pori, dan menutup lapisan kutikula yang rusak.

Caranya, ambil minyak kelapa secukupnya, hangatkan sebentar. Biarkan dingin pada suhu ruangan. Setelah itu, pijat kulit kepala dengan menggunakan mimyak tersebut. Diamkan semalaman dan bilas saat mandi di pagi hari.

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Madu

Humektan alami dan vitamin C di dalam madu bekerja untuk menutup, menutrisi dan memperbaiki kerusakan pada ujung rambut yang rusak.

Caranya, ambil dua sendok makan madu dan campurkan dengan secangkir air hangat. Basuhkan ramuan itu pada rambut setelah keramas. Selanjutnya, diam sejenak layaknya Anda menggunakan kondisioner untuk menutrisi dan melembutkan ujung rambut, lalu cuci.

Ilustrasi madu

Minyak samin

Minyak samin memiliki kandungan pelembap yang tinggi dan ampuh mengatasi rambut bercabang. Caranya, oleskan minyak samin pada ujung rambut, diamkan sekitar satu jam dan bilas dengan sampo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya