Beragam Resep Bawang Merah untuk Atasi Rambut Rontok

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • Pixabay/Adina Voicu

VIVA.co.id – Rambut rontok adalah mimpi buruk bagi seluruh perempuan. Sebab, kondisi ini akan menurunkan rasa percaya diri.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Berdasarkan pendapat para ahli, normalnya seseorang akan kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap hari. Jika melebihi jumlah tersebut, maka Anda harus waspada, karena rontok berlebihan akan menyebabkan kebotakan dan kondisi ini bisa menyerang siapa saja tanpa batasan umur.

Ketombe, stres, perubahan iklim dan bahan kimia adalah penyebab utama rambut rontok. Tidak hanya itu, gaya hidup pun mempengaruhi kekuatan rambut. Salah satu cara terbaik adalah menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk mengatasinya.

Rambut Capek Sering Bikin Mood Jelek? Yuk Cek Ciri-cirinya!

Dilansir dari laman Boldsky, salah satu bahan alami yang bisa mengontrol kerontokan rambut adalah bawang merah. Selain murah, bawang ini mudah ditemukan.

Meski baunya mungkin kurang menyenangkan, namun kandungan sulfur pada bawang merah akan membantu rambut tumbuh lebih cepat dan tebal. Lalu bagaimana cara menggunakannya, simak uraian berikut ini.

Tak Hanya Kulit Wajah, Rambut Juga Butuh Skincare

Ekstrak bawang merah

Kupas bawang dan potong menjadi beberapa bagian. Giling dan ambil airnya. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan beberapa menit lalu bilas dengan sampo. Lakukan cara ini dua kali dalam sepekan.

Bawang merah dan madu

Kedua bahan ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Gunakan air perasan bawang dan campurkan dengan satu sendok makan madu. Oleskan pada kulit kepala dan diamkan selama dua jam saat lalu bilas.

Bawang merah dan minyak kelapa

Madu bisa Anda ganti dengan minyak kelapa. Minyak akan mengurangi bau dari bawang. Caranya sama seperti di atas. Diamkan selama dua jam di kulit kapala lalu bilas dengan sampo.

Bawang merah

Bawang merah dan jus lemon

Jus lemon yang dicampur dengan bawang merah dapat menjadi salah satu ramuan yang baik untuk rambut. Kombinasi keduanya akan membuat rambut terlihat sehat dan berkilau. Jus lemon akan mengurangi aroma bawang merah dan bawang berfungsi untuk menghilangkan ketombe.

Tak hanya itu, ramuan ini juga bisa digunakan untuk rambut normal dan mengatasi rambut kering. Cukup campurkan air bawang dengan madu, yogurt dan minyak zaitun. Oleskan pada kulit kepala, diamkan selama satu jam. Lakukan dua kali dalam sepekan dan lihat hasilnya.

Selamat mencoba!

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya