Film Jingga Disambut Warga Jerman, Ini Kesan Lola Amaria

Lola Amaria
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putri Firdaus

VIVA.co.id – Artis dan sutradara cantik Lola Amaria kembali membawa karyanya berkeliling Jerman. Setelah bulan lalu sukses diputar di Florence Italia, saat ini Film Jingga mulai diputar di beberapa kota di Jerman.

Bersiap! Deretan Film di My French Film Festival 2024 Bisa Ditonton Resmi di Indonesia

Pemutaran pertama yang dilakukan di kota Bonn, Sabtu 15 Oktober kemarin di Rheinische Freidrich-Wilhelms Universitat Bonn, berlangsung sukses. Penonton yang kebanyakan dari kalangan kampus memuji film ini sebagai film yang wajib ditonton karena sangat berguna dan membantu perkembangan ilmu kedokteran.

"Ilmu kedokteran di dunia sudah sedemikian maju tapi saat melihat film ini mereka menyadari kemajuan itu masih sangat sedikit menyentuh mereka yang benar-benar membutuhkan. Selain itu, mereka menjadi tertarik mendalami dunia psikologi keluarga disabel," kata Lola Amaria yang hadir saat pemutaran melalui pesan elektroniknya.

Festival Sinema Prancis 2023 Siap Digelar di Indonesia, Hadirkan Film-film Asal Prancis

Film ini berkisah tentang empat orang sahabat tuna netra. Pemeran utamanya bernama Jingga (Hifzane Bob) baru saja divonis oleh dokter bahwa dia divonis buta. Karena buta ini, Jingga mulai bersekolah di SLB atau Sekolah Luar Biasa dan di sekolah inilah Jingga bertemu dengan tiga sahabatnya (Qausar Harta Yudana, Aula Assegaf dan Hany Valery) yang tuna netra semua.

Dalam film ini juga mengisahkan tentang perjuangan seorang Ibu yang tidak putus asa untuk bisa memotivasi anaknya, Jingga, untuk bisa tetap semangat dalam menjalani hidupnya walaupun Jingga buta. Cerita ini berlanjut pada persahabatan empat anak tuna netra tersebut yang tidak pernah putus asa.

Pertama Kali ke Indonesia, Aktor Yordania Mohammed Al Jizawi Langsung Nyaman

"Saya merasa melalui film ini saya ingin menyampaikan sesuatu yang dipahami oleh setiap manusia bahwa kita semua memiliki kekurangan dan kita hidup bersama karena harus saling melengkapi. Di bagian dunia manapun, tidak ada satupun manusia yang sanggup hidup sendiri. Saya melihat penonton merasakan pesan yang sama," jawab perempuan yang masih betah hidup sendiri ini saat ditanya apa pesan dari film ini.

Pemutaran film Jingga di Bonn terasa istimewa bagi Lola karena dihadiri secara khusus mahasiswa dan dosen dari bidang studi kesehatan.

"Menurut mereka Jingga adalah film yang bisa memberi banyak input mengenai kesehatan masyarakat. Bahkan mereka meminta ijin untuk menggunakan film ini untuk kajian khusus disabilitas," lanjut Lola.

Pemutaran Film Jingga ini di Jerman ini didukung oleh beberapa lembaga nirlaba seperti BUGI, Watch Indonesia, Pidjar, Weitblivk, DIG, Engagement Global dan KED. Selain Bonn, film ini juga akan diputar di Koln, Hannover, Gottingen, Berlin dan Frankfurt.

Film Jingga garapan Lola AmariaPoster Film Jingga

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya