Panitia FFI 2016: Regenerasi Aktor Film Indonesia Terhambat

Ketua Bidang Penjurian FFI 2016 Olga Lydia didampingi Ketua Panitia Pelaksana FFI 2016 Lukman Sardi dan Ketua Badan Perfilman Indonesia Kemala Atmojo di Jakarta, Kamis.
Sumber :
  • ANTARA/Aprillio Akbar

VIVA.co.id – Para nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2016 telah diumumkan beberapa waktu lalu. Namun ada beberapa nama calon pembawa pulang Piala Citra yang masuk dua kali dalam satu kategori.

Ahmad Rifai, Pengacara yang Terjun Jadi Produser Film

Contohnya, Reza Rahadian yang masuk dalam kategori Pemeran Utama Pria Terbaik melalui film My Stupid Boss dan Rudy Habibie. Reza juga mengalami hal yang sama pada nominasi FFI tahun lalu, dengan film Guru Bangsa: Tjokroaminoto dan Kapan Kawin?.

Menanggapi hal itu, Ketua Panitia FFI 2016, Lukman Sardi mengakui bahwa hal itu terjadi, karena minimnya regenerasi aktor film di Tanah Air. Namun di sisi lain, dia memuji kualitas akting Reza Rahadian yang memang laik mendapat penghargaan tersebut.

Janji Jokowi Selamatkan Industri Film Tanah Air

"Enggak bisa dimungkiri saat ini regenerasi aktor kita agak terhambat. Jadi, kenapa munculnya Reza lagi, tidak bisa dimungkiri juga, kita harus akui bahwa Reza aktingnya bagus," kata Lukman saat ditemui di Jakarta, Senin malam, 17 Oktober 2016.

BCL dan Reza Rahadian di Film My Stupid Boss

Insan Film Surati Jokowi

Bukan hanya nominasi tersebut, ada 10 kategori nominasi dengan dua nama sama dari 21 kategori FFI 2016. Ketua Penjurian FFI 2016, Olga Lydia mengatakan, bahwa Indonesia belum tereksplor semua talenta di dunia film.

"Banyak yang double karena orangnya belum banyak yang mencapai taraf tertentu. Taraf yang benar-benar bagus orangnya belum terlalu banyak," ujar Olga.

Sementara Lukman menambahkan, bahwa aktor dan aktris baru di dunia film kurang mendapatkan kesempatan. Hal ini seharusnya dijadikan ajang refleksi untuk penanam modal, memberikan atau menyandingkan para pelaku film baru dengan yang senior untuk menambah pengalamannya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya