Pemerintah Harus Lebih Memperhatikan Soal Tenaga Kerja

Anggota Komisi IX DPR RI Muhammad Iqbal
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Komisi IX DPR RI Muhammad Iqbal menilai dua tahun pemerintahan Jokowi-JK dari sisi kesehatan, yaitu pembangunan infrastruktur kesehatan cukup baik.

Gelar Safari Ramadan, Ketua Dewas BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Sinergi Perlindungan Pekerja

"Menurut saya, kebijakan di bidang kesehatan yaitu pembangunan infrastruktur kesehatan cukup baik seperti pembangunan Rumah Sakit-Rumah Sakit regional di daerah serta peningkatan fasilitas kesehatan dan fungsi Puskesmas merupakan kebijakan yang tepat, agar sistem rujukan dari JKN (BPJS) dapat berjalan dan menghindari penumpukkan pasien di rumah sakit yang ada," ujarnya di Komplek DPR RI, Kamis 20 Oktober 2016.

Iqbal menambahkan, sangat disayangkan penyebaran tenaga kesehatan seperti dokter belum merata di setiap daerah khususnya di daerah terpencil.

Tingkatkan Kepedulian Saat Ramadan, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Bantuan Banjir di Demak

"Dalam bidang tenaga kerja Komisi IX melihat belum sepenuhnya kebijakan pemerintah berpihak kepada pekerja misalnya dengan dikeluarkannya PP 78 tahun 2015 tentang Pengupahan, dimana dengan PP tersebut pemerintah menetapkan upah melalui rumusan pendapatan ekonomi dan inflasi tanpa perlu melibatkan suara pekerja melalui dewan pengupahan," ujarnya.

Menurutnya, tentu ini merugikan pekerja, selanjutnya kebijakan mempermudah syarat pekerja asing untuk bekerja di Indonesia.

Satu Tahun Bermitra, BPJS Ketenagakerjaan dan SRC Gelar Silaturahmi di Cirebon

"Syaratnya tidak mesti bisa berbahasa Indonesia dan dihapuskannya syarat mimimal pendidikan formal berdampak kepada ketersediaannya lapangan pekerjaan bagi pekerja kita," katanya.  (webtorial)

Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan, Abdur Rahman Irsyadi

Dukung Program BPJS Ketenagakerjaan, Pemkab Cirebon Siapkan Dana Desa

Diketahui saat ini jumlah pekerja yang terlindungi BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Cirebon sebanyak 265 ribu orang. Jumlah itu sekitar 33 persen dari total penduduk.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024