Survei: Pekerja Indonesia Termasuk Paling Optimistis se-Asia

Para pekerja merakit sepeda motor di suatu pabrik di Cikarang, Jawa Barat.
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVA.co.id – Sebuah survei belum lama ini mengungkapkan bahwa pekerja Indonesia termasuk yang paling optimistis dalam melihat prospek kerja mereka dalam kurun waktu enam bulan ke depan, jika dibandingkan dengan para pekerja di negara-negara lain di Asia.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Sebanyak lebih dari 50.686 pekerja dari Asia mengikuti survei mengenai tingkat kebahagiaan mereka dalam bekerja, dengan mayoritas responden pekerja asal Indonesia. Survei ini dilakukan pada akhir Agustus 2016 sebagai proyek bersama antara jobsDB dengan JobStreet.com di bawah naungan SEEK Asia, pasar kerja online di Asia.

Menurut rilis yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 1 November 2016, berdasarkan skala 0-10, dengan poin 0 sebagai indikasi ‘sangat tidak bahagia’, dan poin 10 sebagai indikasi ‘sangat bahagia’, Indonesia berada pada urutan kedua dengan nilai 6,16 untuk tingkat kepuasan bekerja di Asia, di bawah Filipina yang mendapatkan nilai 6,25.

Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

Para responden mengaitkan survei tingkat kebahagiaan mereka dalam bekerja dengan bagaimana hubungan mereka terhadap rekan kerja, reputasi perusahaan, kemudahan akses lokasi kerja dan kenyamanan tempat bekerja.

Dari hasil survei tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor utama yang membuat para pekerja Indonesia bahagia dalam bekerja adalah tempat kerja yang mudah diakses.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Di sisi lain, pekerja asal Singapura menempati urutan terakhir dalam survei, dengan angka rata-rata nilai 5,09. Rendahnya angka tersebut disebabkan oleh kurangnya pengembangan karier dan kesempatan promosi kerja, buruknya manajemen perusahaan dan program pengembangan karier, serta tidak adanya tunjangan dan keuntungan yang menyebabkan menurunnya produktivitas dalam bekerja.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah 20 persen dari seluruh responden memiliki keinginan untuk meninggalkan pekerjaan yang sekarang dan mencari kebahagiaan mereka di tempat lain.

Sementara hal yang cukup menarik dari hasil survei lain adalah jawaban populer para pekerja Indonesia saat ditanya ‘Bagaimana cara kalian meningkatkan kebahagiaan kerja?’. Jawaban yang paling sering keluar dari mulut mereka adalah ‘berhenti kerja dan coba pekerjaan baru’, serta ‘peningkatan gaji’.

Ilustrasi karier

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya