Saran Carmanita untuk Desainer Pemula

Carmanita
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Menjadi seorang perancang atau desainer busana dengan pemikiran yang luas dan melek fesyen tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan guna mengembangkan diri.

Rayakan Hari Batik Nasional, YBI Punya Misi Jadikan Batik Sebagai Identitas Generasi Gen Z

Para desainer yang memiliki minat terhadap batik harus memerhatikan beberapa hal, agar tetap percaya diri dalam mendesain. Menurut desainer batik Carmanita, para desainer pemula yang ingin fokus pada wastra nusantara khususnya batik harus mau belajar dan jangan takut salah.

Tidak hanya itu, para desainer batik juga harus diberi kebebasan dalam berkarya. Sebab dari sana, inspirasi dan hasil kerja akan lebih nyata terlihat.

Batik Moderen Motif Kembang Jadi Tren Kekinian Anak Muda

"Para desainer batik pemula haruslah memiliki kecintaan terhadap batik sebagai modal awal. Mareka harus terus belajar karena belajar is never ending," ujar Carmanita kepada VIVA.co.id di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini.

Dia menambahkan bahwa desainer pemula yang melakukan kesalahan sebaiknya jangan terlalu dikritik berlebihan. Menurutnya, biarkan desainer pemula mengetahui pakem mana yang baik atau tidak dalam menilai batik itu sendiri.

Soal Paris Fashion Week, Nikita Mirzani: Bisnis Pakai Etika

"Bagi mereka yang mau belajar jangan dikritik. Kasih mereka kebebasan untuk belajar, jangan ditungguin, biarin mereka melakukan kesalahan sampai mereka tahu mana yang baik dan tidak," katanya.

Ilustrasi pakaian batik.

Hari Batik Nasional: Mengenal Sejarah dan Makna Batik

Hari Batik Nasional adalah momen penting yang merayakan kekayaan budaya Indonesia dalam bentuk kain tradisional yang indah dan disebut sebagai "batik", ini sejarahnya.

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2023