Waspada, Bahan Lip Balm Tipe Tertentu Bisa Sebabkan Iritasi

Bibir wanita
Sumber :
  • Pixabay/Adina Voicu

VIVA.co.id – Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang penting untuk dijaga kesehatannya dengan tetap membuatnya lembap dan terhidrasi. Namun, beberapa produk lip balm justru membuat lapisan di bibir kering dan mengelupas lantaran bahan yang dikandungnya.

Ganggu Penampilan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Diane Madfes, MD, juru bicara American Academy of Dermatology yang praktek di Madfes Aesthetic di New York City menyarankan untuk memilih lip balm yang mengandung pelembap dan SPF. Namun, jika tidak memiliki kandungan SPF, sebaiknya gunakan pelembap dan biarkan hingga kering, lalu lapisi dengan krim tabir surya.  

Dan perlu diketahui bahwa tidak semua kandungan dalam lip balm baik untuk kesehatan bibir. Untuk itu, sebaiknya jangan memilih lip balm yang memiliki kandungan berikut ini, seperti dikutip dari Prevention.

Cegah Bibir Kering di Cuaca Terik? Lip Cream Bisa Jadi Jawabannya

1. Wewangian

Beberapa orang memiliki alergi ataupun reaksi buruk dan iritasi terhadap wewangian dalam produk kecantikan, seperti lip balm. Bahan wewangian yang cenderung digunakan seperti kayu manis, di mana memiliki keharuman yang baik dan tabir surya, namun memberi efek buruk di bibir.

Ini 4 Cara Atasi Bibir Kering, Sangat Berguna di Bulan Puasa

2. Menthol

Bahan ini, biasanya memberikan sensasi dingin. Namun, produk dengan kandungan ini, sebaiknya dihindari. Sebab, menurut ahli kulit Lauren Ploch, MD, bahan ini mampu memicu iritasi dan membuat bibir menjadi lebih sensitif.

3. Vitamin E

Para ahli kulit menjelaskan bahwa sebagian orang memiliki reaksi terhadap vitamin E yang diolah. Karena, vitamin E jenis topikal ini bisa menimbulkan bahaya risiko iritasi pada lapisan atas bibir.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya