Dewa Budjana Persembahkan Musik untuk Kedamaian

Dewa Budjana
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung

VIVA.co.id – Selain tergabung dalam band GIGI, gitaris Dewa Budjana juga aktif dalam proyek solonya sendiri. Sampai saat ini, dirinya telah menelurkan 10 album berkonsep instrumental, dengan 'Zentuary' sebagai rilisan terakhirnya.

Isi Soundtrack Film Bareng, Dewa Budjana Puji Putri Ariani: Musikalitasnya Sangat Tinggi

"Dalam proyek musik solo ini, saya enggak menaruh target yang muluk-muluk. Hanya ingin bisa menyejukkan telinga dan memberi ketenangan buat seluruh umat serta pendengar," ujar Budjana, di Restoran Khas Sunda, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu, 16 November 2016.

Sebagai seniman, Budjana mengaku bahwa dirinya juga makhluk sosial. Ia turut merasakan situasi di sekitarnya, yang secara tidak langsung memengaruhi suasana batin saat menyiapkan materi pada album 'Zentuary'.

Cerita Haru Putri Ariani Saat Rekaman Lagu Soundtrack Film Hamka & Siti Raham (Vol 2)

"Di saat gonjang-ganjing itu terjadi, maka kita butuh tempat yang teduh. Saya berusaha menuliskan seluruh gagasan yang tertuang dalam pemikiran, meski bentuknya bukan kata-kata melainkan seuntai nada," ungkap Budjana.

Bagi Budjana, lewat nada-nada dalam musik, semuanya mampu luluh dengan mudah. Maka dari itu, ia berusaha mengusung konsep-konsep kedamaian dan aspek sederhana lewat aransemen nada buatannya.

Putri Ariani dan Dewa Budjana Persembahkan Lagu untuk Bela Palestina

“Dengan musik, semuanya akan jadi lebih mudah. Bila di dunia nyata, sejumlah hal terasa dipersulit, maka di dalam musik bisa diketemukan dengan mudah seperti chord-chord mayor yang bisa ditabrakkan dengan nada minor," kata Budjana, menjelaskan.

Salah satu agenda terdekat Budjana adalah mengadakan konser bertajuk "Zentuary" di Tebing Breksi, Yogyakarta, pada 25 November mendatang. Venue bakal dikondisikan secara maksimal, lewat sentuhan visual dan mapping yang mendukung nuansa instrumental khas proyek solo Budjana tersebut.

Once Mekel di Festival Kebangsaan

Once Mekel Menyuarakan Nasionalisme Lewat Festival Kebangsaan

Kegiatan ketiga adalah Konser Kebangsaan Musik Merajut Jiwa, menampilkan Alffy Rev, Once Mekel, Band, Ki Ageng Ganjur, Dwiki Dharmawan dan lainnya.

img_title
VIVA.co.id
26 November 2023