Senin Depan, Komisi II Pastikan Pansus RUU Pemilu Terbentuk

Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamarulzaman memastikan, Senin 21 November sudah terbentuk pimpinan Panitia Khusus (Pansus) revisi UU Pemilu.

Demokrat Tetap Mendesak Bahas Revisi UU Pemilu

Menurut Rambe, seharusnya hari ini Kamis 17 November 2016 sudah dapat terbentuk pimpinan Pansus revisi UU Pemilu. Namun, Wakil Ketua DPR Fadli Zon tengah berduka sehingga ditunda. Ibu mertua Fadli Zon, Hj Caroline Hanafi meninggal di RS Mitra Kemayoran, Jakarta, Rabu 16 November.

"Senin, harusnya nanti sore tapi ditunda," ujar Rambe, Kamis 17 November 2016.

DPR Tetapkan 33 RUU Masuk Prolegnas Prioritas 2021, Tak Ada RUU Pemilu

Ia mengatakan, saat ini seluruh anggota Pansus revisi UU Pemilu sedang melakukan kajian terhadap UU tersebut. Rambe juga berharap agar revisi UU Pemilu dapat selesai tepat waktu sehingga tidak mengganggu jadwal tahapan pemilu 2019.

"Ya haruslah, ini kan untuk kepentingan bangsa, negara, harus diupayakan bisa selesai. Makanya Pansusnya harus serius betul," ujar politisi Golkar ini.

UU Pemilu Tidak Masuk Prolegnas, PKS Ngotot Direvisi

Sebelumnya, pada Rabu 16 November 2016, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bertemu dengan Ketua DPR RI Ade Komarudin membahas persoalan revisi UU Pemilu. Pemerintah dengan DPR menyepakati revisi UU Pemilu harus selesai pada Mei 2017.  (webtorial)

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman

Ketua MK Sebut UU Pemilu dan UU Cipta Kerja Paling Sering Digugat

Ada sebanyak 48 undang-undang yang yang dimohonkan pengujiannya di MK tahun 2021. UU Pemilu dan UU Cipta Kerja paling banyak digugat

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022