Ketahui Penyebab Bulu Mata Rontok dan Solusinya

Bulu mata lentik.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Banyak wanita yang ingin memiliki bulu mata lebat dan panjang. Sayangnya, Anda justru mendapatkan bulu mata menjadi rontok.

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

Dan tahukan Anda bahwa waktu yang dibutuhkan agar bulu mata bisa tumbuh sepenuhnya adalah sekitar 8-10 pekan. Karena itu, segera lakukan tindakan jika beberapa helai bulu mata rontok agar tidak semakin parah.

Dikutip dari Boldsky, sejumlah alasan yang bisa menyebabkan bulu mata rontok, yakni menggosok mata terlalu keras atau kasar saat mata gatal atau saat menghapus riasan mata. Untuk itu, sebaiknya perlakukan mata dengan lembut dan gunakan make-up remover berbasis minyak untuk menghapus maskara yang terlalu tebal.

Putri Marino: Parfum Bukan Hanya Tentang Aroma, Tapi Juga Jadi Cerminan Diri!

Selain itu, penjepit bulu mata juga berpotensi menyebabkan kerontokan. Hal yang bisa dilakukan adalah istirahat sejenak menggunakan penjepit bulu mata dan beri waktu bulu mata untuk tumbuh kembali.  

Sementara memakai maskara tahan air, tidur dengan riasan, ketidakseimbangan hormon juga bisa menyebabkan bulu mata rontok. Untuk memelihara dan merangsang pertumbuhan bulu mata, Anda bisa membuatnya ramuan dari bahan alami dan berikut ini beberapa resep yang bisa Anda coba di rumah.

Mau Hasilkan Bulu Mata Lentik, Tebal atau Lebih Panjang? Trik Pakai Maskaranya Beda-beda Lho

Minyak jarak dan vitamin E

Gunakan dua kapsul vitamin E dan tambahkan satu sendok teh minyak jarak, aduk rata. Kemudian, tempatkan ke dalam botol tetes. Anda bisa meneteskannya di kapas dan menerapkannya ke garis bulu mata Anda lalu biarkan semalam.

Serum ini kaya antioksidan, sehingga akan membuat bulu mata Anda tumbuh dua kali lebih kuat.

Petroleum jelly

Bahan ini adalah yang paling sederhana untuk membuat bulu mata lebih tebal dan lebih lama. Anda bisa menggunakan tongkat maskara yang bersih dan tak terpakai untuk mengaplikasikan petroleum jelly ke bulu mata Anda sebelum tidur.

Pijat kelopak mata

Memijat kelopak mata dapat merangsang aliran darah, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan bulu mata. Ambil beberapa tetes minyak zaitun, gosokkan dan pijat dengan lembut sampai Anda merasa kulit menjadi sedikit hangat.

Pijat kelopak mata dan garis bulu mata dalam gerakan melingkar selama 2 sampai 5 menit. Lakukan ini dua kali sehari, dan Anda akan melihat hasilnya.

Kulit lemon

Kulit lemon mengandung vitamin C, vitamin B kompleks dan asam folat. Kulit lemon secara radikal dapat membantu pertumbuhan bulu mata Anda.

Caranya, ambil satu sendok makan kulit lemon, campur dengan dua sendok makan minyak jarak. Biarkan selama 48 jam atau lebih, lalu simpan dalam botol tetes dan gunakan beberapa tetes setiap malam, sebelum tidur.

Teh hijau

Teh hijau kaya antioksidan dan memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk kulit, tapi juga menghentikan kerontokan bulu mata Anda. Teh hijau juga dapat menenangkan otot mata yang lelah dan menghilangkan bengkak.

Anda bisa menyeduh secangkir teh hijau dan biarkan larutan tersebut dingin. Celupkan kapas ke dalam larutan, peras dan aplikasikan pada kelopak dan garis mata Anda sambil dipijat dengan lembut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya