Menpar Sebut Bunaken Punya Nilai Jual Tinggi

Bunaken
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari

VIVA.co.id – Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya meluncurkan agenda Kalender Wisata Pesona Manado 2017. Acara yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata ini juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wali Kota Manado Vicky Lumentut.

Bukit Tetempangan, Indahnya Wsiata Alam di Ketinggian Manado

Peluncuran kalender wisata ini sebagai upaya mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Manado, Sulut untuk tahun 2017. Sehingga untuk mewujudkannya, diperlukan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 51.110 wisman dan 1,27 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

Menpar Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap peluncuran Kalender Wisata Pesona Manado 2017. Sekaligus menjadi sarana wisata untuk mempromosikan potensi pariwisata Kota Manado yang dikenal akan keindahan Taman Nasional Laut Bunaken.

Di Manado, Ada Daerah Tersembunyi dengan Potensi Wisata Luar Biasa

"Bunaken sebagai destinasi marine tourism kelas dunia memiliki nilai jual tinggi. Kita gencar mempromosikan di antaranya ke Tiongkok sebagai pasar utama. Manado belakangan ini menjadi salah satu destinasi favorit di kalangan wisatawan Tiongkok," ujar Arief Yahya dalam Siaran Pers yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 22 November 2016.

Dia menambahkan, pada bulan Juli sampai Agustus 2016 yang lalu, kunjungan turis Tiongkok ke Manado naik hingga 1000 persen karena ada direct flight dari empat provinsi dan 6 kota di Tiongkok. Tak hanya itu, Manado juga mempunyai keunggulan di tiga A (Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas).

Lima Masakan Minahasa Terbaik yang Wajib Kamu Cicipi

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, sektor pariwisata menjadi andalan bagi Kota Manado dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dimana destinasi pariwisata Manado dapat mendorong kunjungan berulang-ulang bagi para wisatawan.

Sejalan dengan Olly, Wali Kota Manado Vicky Lumentut juga mengatakan, bahwa sepanjang tahun 2017 telah disiapkan sebanyak 21 kegiatan pariwisata unggulan yang diharapkan nantinya menjadi acara tahunan.

Sebanyak 21 kegiatan pariwisata tersebut di antaranya, Bendi Weekend On Boulevard di sepanjang jalan Boulevard Manado (setiap akhir pekan), Pentas Hiburan Rakyat di Taman Kesatuan Bangsa (setiap akhir pekan), Figura Manado di Kawasan Megamas pada 29 Januari 2017, Olahraga tradisional perairan Tulude di Teluk Manado pada 30 Januari 2017, Festival Cap Go Meh di Kawasan Pecinan Kota Manad pada 12 Februari 2016.

Sementara pada 18-22 Oktober 2017 menghadirkan gelaran tarian selendang biru, Manado Cantate, International Choir Festival, Manado Extreme Adventures Tourism, International Trail Running, Hasher International di Kawasan Hutan Lindung Gunung Tumpa Manado. Kemudian pada 25 November 2017 akan menyelenggarakan Miss Scuba International di MCC dan Pisah Taong di Megamas Manado pada tanggal 31 Desember 2017.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya