Kurangi Angka Kecelakaan pada Wanita Lewat Edukasi Online

Ilustrasi mengemudi.
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

VIVA.co.id – Seiring bertambahnya jumlah pengendara motor wanita, ternyata angka kecelakaan di jalan raya pada kaum hawa juga mengalami peningkatan. Berdasar data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, angka tersebut meningkat sebesar 49,5 persen atau sekitar 4.445 kejadian di tahun 2015.

Belajar dari Kecelakaan Fortuner Pelat Polri yang Ugal-ugalan di Tol MBZ

Dengan perbandingan peningkatan kecelakaan pada wanita dan pria sebesar 5 berbanding 2. Meningkatnya angka kecelakaan tersebut terjadi karena tidak diimbangi sosialisasi safety riding yang mendukung. Selama ini, sebagian besar sosialisasi lebih ke arah maskulin dan belum cukup efektif bagi kaum hawa.

Karena itu, seorang wirausaha wanita muda Iim Fahima Jachja mendirikan Queenrides dan meluncurkan sebuah kampanye #WomenRideSafe, agar para wanita dapat berkendara aman, melalui edukasi secara online dan offline.

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan Tabrak Hiace, Sopir Mengaku Ngantuk

"Kami menemukan sosialisasi mengenai safety riding terlalu maskulin dan belum cukup efektif dalam mengedukasi perempuan," kata Founder dan CEO Queenrides, Iim Fahima Jachja, dalam rilis, Selasa, 22 November 2016.

Hingga saat ini ada sekitar 230 ribu perempuan yang sudah tergabung secara online dan 1.000 perempuan secara offline. Mereka bisa mendapatkan informasi tentang safety riding course dari Road Safety Association, juga bagaimana agar tetap tampil cantik meski berkendara motor dari Lenny Agustin.

Mobil Dinas Polri Terlibat Kecelakaan di Tol MBZ, Ini Kata Polda Metro

Usaha Iim tampak tidak sia-sia, karena berdasar hasil survei online pada 500 pengunjung, 100 persen pengunjung menikmati edukasi safety riding dan berniat mengubah kebiasaan berkendara mereka, juga membagikan pengetahuan pada orang sekitar, terutama keluarga.

Ilustrasi/Meninggal dunia

Pernah Viral, Bocah Penjual Snack di Pontianak Meninggal karena Kecelakaan Usai Berjualan

Menurut keterangan dari sang ibu belum lama ini, bahwa pada malam sebelum kejadian kecelakaan itu dirinya sempat ketemu Fhio hingga memintanya pulang sebelum jam 10 malam

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024