Cara Tepat Bersihkan Komedo

Ilustrasi kulit bermasalah
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Komedo menjadi salah satu masalah yang mengganggu. Apalagi komedo hitam yang bisa mengurangi penampilan Anda.

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Sebagian dari Anda kadang memilih membersihkan komedo sendiri. Tapi, apakah sudah tepat cara Anda membersihkan komedo?

Perlu diketahui, kesalahan membersihkan komedo dapat memberi rasa sakit hingga kerusakan kulit. Berikut ini beberapa kesalahan umum yang dilakukan dalam membasmi komedo, seperti dikutip dari Glamour.

Kesalahan Fatal! Semprot Parfum Terlalu Dekat Bikin Wangi Cepat Hilang, Ini Alasannya!

Terlalu sering eksfoliasi

Melakukan pengelupasan sel kulit mati atau eksfoliasi dengan menggunakan scrub wajah terlalu sering bisa menghilangkan minyak alaminya. Hal ini berdampak pada kulit merah, iritasi dan kering.

5 Manfaat Ajaib Buah Pisang untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Wanita

Selain itu, juga dapat membuat jerawat dan komedo menjadi lebih parah hingga memicu produksi minyak berlebih. Karena itu, sebaiknya hanya lakukan eksfoliasi sekali atau dua kali sepekan.

Mengorek komedo

Mengorek komedo bisa membahayakan kulit Anda. Komedo harus dikeluarkan secara tepat, karena mengeluarkannya secara paksa justru membuat kulit menjadi trauma, seperti pori-pori terbuka, lecet, infeksi hingga jaringan parut. Cara yang tepat adalah dengan melakukan ekstraksi.

Tidak mempersiapkan kulit

Mengekstrasi isi komedo harus dikeluarkan secara tepat. Langkahnya, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan susu pembersih, kemudian gunakan steam untuk membantu membuka dan memberi minyak alami di sekitar pori.

Sebaiknya juga gunakan pelembab sebelum betul-betul mengeluarkan komedo dan gunakan alat khusus, bukan jari Anda. Hati-hati melakukannya atau sebaiknya serahkan pada ahlinya, karena melakukan ekstrasi yang salah bisa menyebabkan kulit menjadi gelap dan memerah.

Tidak memberi pelembab yang cukup

Menjaga kelembaban wajah tetap seimbang menjadi kunci meminimalisir komedo. Namun, pelembab seperti avocado oil dapat menyumbat pori-pori dan minyak lebih banyak, sehingga menyebabkan komedo semakin menumpuk. Karena itu, pastikan Anda menjaga kelembaban wajah dengan seimbang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya