Mengintip Masjid Tua & Bersejarah di Padang

VIVAnews - Sumatera Barat memiliki beragam peninggalan budaya dan tradisi. Alamnya yang mempesona membuat sebagian orang tidak ingin hengkang ketika menginjakkan kakinya di tanah minang ini.

Bila menyempatkan datang ke Padang, Sumatera Barat, anda bisa menyambangi sebuah bangunan tua yang terletak di tepi jalan Ganting No.3, Kelurahan Ganting Selatan, Padang Timur, Sumatera Barat.

Adalah masjid Ganting, yang hingga kini masih ramai dikunjungi orang. Bangunannya yang khas membuat orang betah berlama-lamaan berada di masjid tersebut.

Besok Lebaran, Wapres Ma'ruf Ucapkan Selamat Rayakan Hari Kemenangan

Bahkan saat siang hari pun, bila berada di dalamnya terasa sejuk, merasakan angin yang masuk melalui celah-celah masjid, sambil menikmati kemegahan arsitekturnya, dengan bangunan bergaya neo klasik eropa.

Bila ramadhan tiba, masjid Ganting menjadi tempat dimana masyarakat menghabiskan waktunya untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa, ada yang bercengkrama, tadarusan, dzikir, bahkan yang hanya sekedar tidur-tiduran menunggu waktu berbuka.

Dilihat dari kontruksi masjid yang berbentuk tumpang, masjid Raya Ganting tergolong kuno, karena memiliki ciri-ciri khas seperti berdenah persegi panjang, mempunyai serambi di depan atau di samping ruang utama, mihrab dibagian barat, pagar keliling dengan satu pintu utama, dan beratap tumpang.

Di Tanah Air, bentuk atap tumpang yang berkembang cukup beragam mulai dari 2 tingkat hingga 7 tingkat. Masjid Raya Ganting memiliki atap tumpang berjumlah 5 tingkat. Semua ciri-ciri masjid kuno tersebut bisa dijumpai pada pola bangunan Masjid Raya Ganting.

Informasi didirikannya masjid tua itu bervariasi. Sejumlah kalangan masyarakat mengatakan, masjid tua itu didirikan sekitar tahun 1815 dan selesai dikerjakan tahun 1819, namun itu pun bertahap. Baru pada tahun 1900 masjid kembali mengerjakan pembangunannya dengan mamasng ubin, yang didatangkan langsung dari Belanda. Lain dengan apa yang dikatakan sejumlah sesepuh adat masjid didirikan tahun 1910.

Berbeda dengan data yang dimiliki Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Batusangkar, Masjid Ganting dibangun sekitar tahun 1700 M. Pembangunan masjid tersebut berdiri di atas tanah wukuf 7 suku yang diserahkan melalui Gubernur Jenderal Ragen Bakh, penguasa Hindia Belanda di Sumatera Barat waktu itu.

Sedangkan pengerjaannya dilakukan secara bergotong-royong oleh masyarakat Ganting dan dibantu komunitas Belanda. Konon kabarnya, pendirian masjid Raya Ganting diprakarsai tiga pemuka agama di Padang: Angku Gapuak (saudagar dari Pasar Gadang); Angku Syekh Haji Uma (pemimpin kaum); Angku Syekh Kapalo Koto (ulama yang disegani).

Dirancang Khusus Seorang Arsitektur Belanda

Menurut berbagai literature,  pendirian masjid tua tersebut dirancang oleh seorang arsitektur asal Belanda sehingga seni neo klasik eropah mendominasi bangunan masjid–terutama pada bagian tubuh bangunan. Sedangkan arsitektur tradisional itu melekat pada bagian atap masjid yang berbentuk tumpang lima.

Catatan Balai P3 Batusangkar, bangunan Masjid Raya Ganting berdenah 42×38 meter. Pondasi bangunan terbuat dari batu dan semen sedangkan bagian tubuh bangunan terbuat dari bata. Atap masjid bermaterikan seng dengan konstruksi kayu.

Itulah yang menyebabkan mengapa setiap orang yang berada di masjid tersebut akan merasa nyaman karena adanya pembagian ruangan. Ruang masjid dibagi atas ruang utama, serambi, mihrab, dan mimbar.

Lainnya yang juga unik adalah masjid tersebut memiliki tiga mimbar yang diletakkan di dalam mihrab, di halaman masjid. Satu mimbar lagi tidak difungsikan karena kondisi kayunya yang sudah lapuk.

Karena arsitek pembangunan masjid Raya Ganting berasal dari Belanda, mempengaruhi denah masjid secara keseluruhan. Bangunan masjid berbentuk persegi panjang dan simetris yang merupakan ciri utama bangunan bergaya Neo Klasik Eropa.

Sokoguru (tiang utama) masjid berjumlah 25 buah yang berbentuk segi enam berdiameter 40 cm dengan tinggi mencapai 4,2 meter tanpa hiasan terbuat dari beton. Filosofi jumlah tiang tersebut mengingatkan ummat muslim tentang 25 Rasul Allah yang patut diimani. Nama ke-25 Rasul tersebut diukir dengan tulisan kaligrafi pada setiap tiang.

Pintu masjid berjumlah 7 buah dengan bentuk yang berbeda antara ruang utama dengan pintu sisi bangunan. Ukuran pintu rata-rata 2,45 x 1,7 meter yang terbuat dari kayu dan kaca. Pada bagian atas pintu terdapat hiasan kerawang. Masjid kuno tersebut memiliki 16 jendela dengan ukuran 2,25 x 1,7 meter dengan hiasan kerawang di atasnya.

Pada bagian serambi depan terlihat 4 tiang tipe Doric kembar yang terletak pada padestal berbentuk balok. Pada serambi samping masjid terdapat tiang berbentuk segi enam dan tambun yang bagian atasnya terdapat hiasan pelipit-pelipit rata. Bentuk tiang tersebut mengingatkan pada bentuk tiang Order Doric pada arsitektur Eropa.

Bangunan tua bersejarah itu dihiasi dengan seni hias Eropa seperti ukiran piala pada entablature dinding sisi luar, parapet (tiang-tiang kerdil), panil-panil yang berhiasan lubang kunci. Dinding bangunan bagian dalam dihias dengan pilaster sederhana.

Sedangkan dinding sebelah timur dihias pilaster berbentuk order doric kembar bergalur. Seni hias tradisional juga menghiasi bangunan masjid bagian atap berbentuk tumpang. Pada setiap tumpang dibatasi dengan panil-panil kayu berukir bermotifkan ukiran Minangkabau.

Pada setiap ujung atap tumpang terdapat hiasan antefik, sedangkan pada bagian mustoko terdapat hiasan bulan bintang yang menunjukkan pengaruh Islam. Perpaduan gaya eropah dan tradisional tersebut menguatkan keberadaan masjid tersebut dibanding bangunan lain yang memadati kawasan Ganting.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Mudik Lebaran seringkali menghadirkan pengalaman yang unik dan tak terduga bagi para pemudik. Belakangan ini, media sosial diramaikan oleh kejadian menarik yang dilakukan

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024