Terungkap, Kisah Nyata di Balik Film Allied

Salah satu adegan di film Allied.
Sumber :
  • Paramount Pictures

VIVA.co.id – Film drama romantis berlatar belakang Perang Dunia ke-II, Allied, resmi diputar pada 23 November 2016 kemarin. FIlm ini dinilai unik karena mampu menghadirkan sisi lain dari perang, yakni keterlibatan cinta dan tekanan-tekanan yang terjadi karenanya.

Pax Sindir Brad Pitt: Manusia yang Mengerikan

Meski fiktif, namun sang penulis cerita, Steven Knight sedikitnya mengambil latar belakang kondisi Perang Dunia ke-II yang valid. Konflik juga kondisi peperangan di Afrika Utara, Prancis, hingga Inggris digambarkan dengan nyata.

Namun, yang lebih menarik, ternyata kisah cinta dua agen rahasia tersebut, yang diperankan oleh Brad Pitt dan Marion Cotillard, pernah terjadi di dunia nyata dan mirip dengan kisah aslinya.

Beda Kelas! Raline Shah Pose Bareng Leonardo DiCaprio, Andrew Garfield Hingga Brad Pitt

Diketahui Knight terinspirasi pada sebuah momen yang secara kebetulan, terjadi 30 tahun lalu ketika ia bekerja di Texas.

"Saat itu, aku sedang menyambangi rumah bibi dari temanku. Bibinya bercerita bahwa ia memiliki saudara lelaki yang menjadi Satuan Petugas Khusus di balik garis musuh saat Perang Dunia ke-II dan menemukan seorang pemberontak Prancis perempuan yang tengah hamil," ujar Knight, dilansir dari Smithsonianmag.com.

Kate Middleton Geram sampai Gwyneth Paltrow Ungkap Brad Pitt Jago di Ranjang

Namun, setelah diselidiki, ternyata wanita tersebut diketahui bukanlah pemberontak, melainkan agen rahasia untuk Jerman. Sontak, satgas pun mengambil tindakan realistis untuk menghentikannya.

"Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata ia juga merupakan seorang mata-mata. Akhirnya perempuan tersebut dibunuh oleh paman temanku," ujar Knight yang kini berusia 57 tahun.

Setelah secara kebetulan mendengarkan cerita tersebut, Knight terus memikirkannya karena terngiang-ngiang. Ia yakin bahwa suatu saat, ide dari kisah tersebut bakal menjadi sesuatu yang fantastis.

"Itu adalah cerita bagus yang menggantung tanpa ada kelanjutannya. Mulai saat itu aku selalu meyakini, bahwa suatu saat cerita tersebut akan diangkat menjadi sebuah film," tutur Knight, menceritakan pengalamannya.

Namun demikian, karena Knight tak mampu menemukan verifikasi sumber pasti atas cerita tersebut, ia pun mengolahnya menjadi sebuah kisah fiksi. Tak ayal, Allied hadir tanpa embel-embel "berdasarkan kisah nyata".

"Hingga akhirnya, aku mendapat kesan bahwa cerita itu muncul dari relung emosi nan mendalam, sebuah memori kelam yang pernah hadir," ujarnya, dikutip dari The Telegraph.

Allied sendiri bercerita tentang pertemuan agen rahasia asal Kanada, Max Vatan (Brad Pitt) dan pemimpin separatis asal Prancis, Marianne Beasejour (Marion Cotillard) yang menjalani tugas dan berakhir dengan cinta antar keduanya. Belakangan diketahui, Marianne adalah agen rahasia Jerman dan itu membuat Vatan tertekan.

Brad Pitt dan Marion Cotillard di Premier Allied

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya