29-11-1967: Robert McNamara Undur Diri sebagai Menhan AS

Menteri Pertahanan AS, Robert S. McNamara.
Sumber :
  • commons.wikimedia.org

VIVA.co.id – Hari ini 49 tahun silam. Robert Strange McNamara mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Menteri Pertahanan Amerika Serikat.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Ia memutuskan berhenti karena menjadi Presiden Bank Dunia. Mengutip situs History, sebelumnya, McNamara menjabat Presiden Ford Motor Company.

McNamara telah menjabat sebagai Menteri Pertahanan di bawah dua Presiden AS, John F. Kennedy dan Lyndon B. Johnson, dari 1961-1967.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Semasa menjadi Menteri Pertahanan, ia sukses mengonsolidasikan fungsi intelijen dan logistik Departemen Pertahanan (Pentagon) menjadi dua badan terpusat, yaitu Defense Intelligence Agency dan Defense Supply Agency.

Soal keterlibatan AS dalam Perang Vietnam, awalnya didukung oleh McNamara. Bahkan, dirinya meyakinkan Presiden Johnson untuk meningkatkan serangan pada 1964.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Akan tetapi, ia kemudian mulai mempertanyakan kebijakan AS di Vietnam, dan akhirnya, menganjurkan penyelesaian perang melalui jalur negosiasi.

Pada musim panas 1967, ia salah satu tokoh yang menyusun Formula San Antonio, yakni usulan perdamaian untuk mengakhiri keterlibatan AS di Vietnam Utara dan memintanya untuk bergabung dalam diskusi.

Sayang, Vietnam Utara menolak proposal tersebut. Awal November tahun yang sama, McNamara lagi-lagi menyampaikan memorandum untuk Presiden Johnson yang isinya merekomendasikan penghentian pengiriman pasukan serta pemboman di Vietnam Utara, dan menyerahkan tanggung jawab penyelesaian perang ke Vietnam Selatan.

Namun, Presiden Johnson menolak mentah-mentah rekomendasi tersebut. Seperti 'cuci tangan', McNamara kemudian mengundurkan diri dan posisinya diisi oleh Clark Clifford. Dalam akhir kariernya di Pentagon, ia dianugerahi Bintang Kemerdekaan oleh Presiden Johnson.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya