Partisipasi UMKM dalam Tax Amnesty Masih Rendah

Penerimaan Tax Amnesty melambat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Sektor usaha mikro kecil dan menengah menjadi sasaran Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan pada program kebijakan pengampunan pajak, atau tax amnesty pada periode kedua yang akan berakhir akhir tahun ini.

Ekonomi UMKM Pasca Pandemi Covid-19

Namun, komposisi uang tebusan dari para wajib pajak orang pribadi maupun badan UMKM pun masih relatif rendah. Menjelang akhir pelaksanaan periode kedua uang tebusan yang masuk dari kedua kategori WP UMKM tak lebih dari Rp5 triliun.

Berdasarkan data statistik tax amnesty DJP yang dikutip VIVA.co.id, Rabu 7 Desember 2016, komposisi uang tebusan berdasarkan surat pernyataan harta yang diserahkan kepada otoritas pajak dari WP orang pribadi dan badan UMKM masing-masing hanya sebesar Rp3,90 triliun dan Rp249 miliar.

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

Jumlah tersebut, masih berbanding jauh dengan komposisi uang tebusan yang masuk dari WP orang pribadi dan badan non UMKM hingga hari ini, yaitu masing-masing sebesar Rp80,7 triliun dan Rp10,6 triliun. Jika dijumlah berdasarkan surat setoran pajak, mencapai Rp99,4 triliun.

Apabila dirinci lebih jauh, jumlah tersebut terdiri dari pembayaran tebusan sebesar Rp95,8 triliun, pembayaran tunggakan sebesar Rp3,06 triliun, dan pembayaran bukti permulaan sebesar Rp528 miliar. Sehingga, totalnya mencapai Rp99,4 triliun.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

Sedangkan komposisi harta berdasarkan SPH yang disampaikan, mencapai Rp3.984 triliun. Deklarasi dalam negeri masih mendominasi, sebesar Rp2.854 triliun. Untuk deklarasi harta luar negeri mencapai Rp98,7 triliun, dan repatriasi hanya Rp143 triliun.

“Kami akan sosialisasikan terus. Terutama, untuk memberikan bimbingan teknis kepada pengusaha UMKM untuk memanfaatkan tax amnesty,” ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama, saat berbincang dengan VIVA.co.id beberapa waktu yang lalu. (asp)

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023