DPR: Ada Pemasukan Negara Rp100 Triliun Selain Tax Amnesty

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menjadi salah satu pembicara dalam seminar yang diadakan di Manggala Wanabakti, Rabu 14 Desember 2016.

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Seminar yang digelar Sespimma Polri ini bertemakan ‘Sinergitas Polisional yang Proaktif Guna Mencegah Kerusakan Lingkungan Hidup dalam Rangka Terwujudnya Kamtibnas yang Kondusif’.

Taufik menjelaskan, seminar ini mengupas seberapa besar potensi-potensi yang bisa menambah pendapatan negara, dalam hal ini terkait dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

"Dari hasil diskusi ternyata masih ada peluang yang bisa dioptimalkan dan dimanfaatkan, dari aspek sewa lahan hutan yang belum di pungut biayanya. Dalam hal ini adalah aspek biaya untuk penggunaan biaya sewa lahan dan hutan  masih bisa dioptimalkan sebagai aspek pendapatan penerimaan negara," ujar Taufik saat diwawancarai.

Ia menjelaskan, tentunya ini harus diikuti dengan koridor ataupun payung hukum, bisa undang-undang ataupun Perpu.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

"Artinya seberapa banyak dan seberapa besar potensi sewa lahan yang belum tergarap itu, tiba-tiba bisa menjadi daerah pemukiman baru, bisa menjadi daerah industri, yang belum memiliki izin itu sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk aspek penambahan penerimaan negara bukan pajak atau PNBP," ujarnya.

Taufik menambahkan, dari paparan diskusi ternyata peluangnya lebih dari Rp100 triliun lebih.

"Artinya ini bisa kita optimalkan sebagai gerakan untuk meningkatkan penambahan harga sewa lahan yang belum dipungut selama ini," kata Taufik.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya