Kapal Pembangkit Listrik Datang, Siap Terangi NTT

Presiden Jokowi Tinjau Kapal Pembangkit Listrik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) berkapasitas 60 Megawatt, yang disewa PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tiba di Pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Jumat 16 Desember 2016.

ESDM Pastikan Pasokan Listrik Lebaran 2024 Aman, PLN Siapkan 2.766 Posko Siaga

“Dengan kapasitas itu kami bisa menyuplai listrik ke seluruh daratan Timor,” ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara, Machnizon Masri, seperti dikutip dari siaran pers di Jakarta, Minggu 18 Desember 2016.

Kapasitas 60 MW dari Kapal MVPP ditambah dengan IPP Bolok, yang akan beroperasi sekitar tahun 2017 dengan kapasitas 16,5 x 2 MW, maka NTT akan mengalami surplus daya listrik. Diperkirakan pada 2017 akan ada tambahan daya 90 MW di luar dari beban puncak Kota Kupang, yang sekarang mencapai 75 MW.

PLN Siapkan 624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik saat Nataru

Saat ini, kapal pembangkit listrik masih melalui pemeriksaan administrasi oleh imigrasi dan Balai Karantina. Setelah diperiksa, kapal tersebut akan berpindah ke Pelabuhan Bolok dan menyuplai listrik ke Gardu Induk Bolok yang kemudian diteruskan sampai ke sistem Timor.

PLN juga akan membangun jaringan hingga ke Kabupaten Belu, karena saat ini jaringan PLN baru sampai di Soe.

Jaga Pasokan Listrik, PLN Indonesia Power Rehabilitasi DAS Serayu dan Optimalisasi Waduk
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (ketiga dari kiri)

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

PLN (Persero) memastikan kelistrikan dalam kondisi prima di zona utama transportasi publik untuk menghadapi arus balik Idul Fitri 1445 H, fokus mengamankan titik krusial

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024