Lima Cara Cepat Kumpulkan Uang

Ilustrasi Menabung.
Sumber :

VIVA.co.id – Rasanya tentu lebih nyaman jika kita berada pada situasi di mana keuangan kita begitu stabil. Uang selalu terkumpul dan selalu bisa kita tabungkan atau bahkan digunakan untuk investasi, yang semata-mata agar masa depan bisa lebih terjamin. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Bagi sebagian orang, mengumpulkan uang ternyata bukan hal yang mudah, sekalipun pendapatan mereka cukup maksimal. Hal tersebut, bisa jadi karena faktor gaya hidup yang menuntut untuk lebih banyak pengeluaran dibandingkan tabungan kita.

Jika tidak didasari kemauan yang tinggi, serta niat yang baik untuk mulai menabung, maka uang tidak akan pernah terkumpul. Padahal, uang tersebut dapat dikumpulkan nantinya untuk keperluan kita juga. 

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Bila memang ingin mengumpulkan uang lebih cepat, maka Anda harus mulai menyisihkan sebagian dari pendapatan di setiap bulannya. Atau jika mungkin bisa lebih hemat lagi, Anda juga bisa menabung sekaligus menyisihkan dana darurat.

Bagaimana cara untuk mengumpulkan uang dengan cepat? Berikut ini ada lima tips jitu dari Cermati.com:

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

1. Membuat daftar kebutuhan

Lakukan hal ini secara berkala, setidaknya sebulan sekali saja. lakukan pencatatan tentang apa saja yang menjadi kategori kebutuhan anda, sebelum memutuskan untuk pergi berbelanja. 
Dengan adanya list tersebut, nantinya anda mungkin akan lebih terbantu untuk mengatur belanjaan dan tidak perlu membeli produk jajanan yang tidak jelas.

2. Berburu barang diskon

Berbelanja barang diskon juga salah satu cara untuk menghemat uang dengan lebih banyak. Biasanya diskon besar yang dicanangkan oleh setiap swalayan atau mall, ada saat musim tertentu, seperti musim liburan, weekend, hari raya atau tahun baru. Anda bisa berbelanja barang-barang diskon, sehingga sisa Uang yang ada bisa untuk ditabungkan.

3. Tidak terlalu sering mengkonsumsi daging

Untuk berhemat, Anda juga perlu mengatur pola makan. Jika biasanya Anda cukup sering makan daging, cobalah untuk mengatur waktu makan daging menjadi seminggu sekali saja. Daging tentunya salah satu jenis makanan yang dibutuhkan oleh kita, namun harganya cukup tinggi saat ini. 

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi daging juga tidak baik untuk kesehatan. Lebih baik makan jenis makanan lainnya yang lebih sehat dan mengandung vitamin serta protein, seperti telur dan sayuran. 

4. Tidak terjebak merek branded tertentu

Menggunakan barang bermerek, apalagi barang branded memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Namun, jika ini dalam rangka berhemat untuk lebih cepat mengumpulkan uang, maka sebaiknya jangan sampai hanya terjebak dalam merek tertentu. 

Usahakan cari merek lainnya yang mungkin lebih murah, namun kualitasnya tetap terjaga. Cobalah untuk membandingkan antara satu merek dengan merek yang lainnya terlebih dulu.

5. Berbelanja ketika memang diperlukan

Berdasarkan hasil penelitian, mereka yang berbelanja saat di mana mereka merasa lapar, atau sedang ingin berbelanja, cenderung mengeluarkan uang 70 persen lebih banyak. Lapar dalam hal ini tentunya tidak saja berkaitan dengan isi perut kita, namun juga lapar yang dikaitkan pada kebutuhan lain yang biasanya sedang tidak perlu, namun hanya ingin saja.

Kelola keuangan dengan maksimal agar uang lebih cepat terkumpul

Sebaiknya anda lebih menyukai menyisihkan uang untuk menabung, dibandingkan hanya untuk berbelanja yang kurang perlu. Sisihkan berapa saja dari sisa uang yang anda miliki, dalam waktu sesering mungkin. Dahulukan kebutuhan pokok, dan selalu ingat untuk mengumpulkan uang, maka anda akan memiliki jalan tol menuju masa depan yang lebih baik.
 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya