Jokowi Ajak Masyarakat Cintai Rupiah dengan Cara Nyata

Uang Rupiah baru seri 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Romys Binekasri

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo hadir dan meresmikan pengeluaran serta pengedaran uang rupiah tahun emisi 2016 di gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. 

Awal Pekan, Rupiah Dibuka Melemah Rp14.309 per Dolar AS

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai uang rupiah dengan cara yang nyata. Cara itu, yakni selalu menggunakan rupiah dalam transaksi keuangan di dalam negeri, dan menyimpan tabungan dalam bentuk rupiah. 

"Saya rasa ini penting untuk saya sampaikan. Kalau kita cinta rupiah, maka kita tidak akan menyebar gosip aneh dan kabar bohong tentang rupiah. Karena apa? Menghina rupiah berarti sama dengan menghina Indonesia," ujar Jokowi, Senin 19 Desember 2016. 

Rusia-Ukraina Tak Temui Kesepakatan, Rupiah Melemah Lagi Hari Ini

Ia juga mengatakan, mencintai rupiah adalah salah satu wujud kecintaan terhadap kedaulatan dan kemandirian bangsa Indonesia. Alasannya, setiap lembar rupiah adalah wujud kedaulatan Indonesia sebagai negara.

"Bahwa kita tidak bertransaksi dengan mata uang lain. Setiap lembar rupiah adalah bukti kemandirian bangsa di tengah ekonomi dunia," ujar Jokowi. 

Ukraina Tak Lagi Ngotot Masuk NATO, Rupiah Hari Ini Menguat

Untuk itu, Jokowi juga menambahkan, ia telah menginstruksikan pihak terkait untuk membuat pengamanan uang rupiah diperkuat. Teknologi pengamanan itu harus diperkuat. Ia tidak ingin Indonesia kalah dengan negara lain. 

"Jangan sampai kita kalah dengan para pemalsu uang. Dalam setiap lembar rupiah kita tampilkan gambar pahlawan nasional, tari nusantara dan pemandangan alam sebagai wujud budaya dan karakteristik bangsa," kata Jokowi. 

Jokowi juga minta diperhatikan dengan benar ketersediaan rupiah di setiap penjuru Indonesia, di daerah terpencil dan lain sebagainya. Gencarkan ketersediaan dan semangat penggunaan rupiah di seluruh daerah.

"Karena rupiah adalah ciri khas identitas Indonesia. Maka mari semua menjaga martabat dan kedaulatan rupiah di negara kesatuan Republik Indonesia dan seluruh dunia," kata Jokowi.  

Perlu diketahui, ada 12 sosok pahlawan nasional yang ditampilkan dalam uang rupiah baru, selain tarian nusantara, dan pemandangan alam Indonesia. Ada tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang koin uang rupiah yang dikeluarkan kali ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya