Operator Seluler Siap Hadapi Natal dan Tahun Baru 2017

Petugas Indosat Ooredoo menyiagakan layanan jaringan.
Sumber :
  • Indosat Ooredoo

VIVA.co.id – Menyambut liburan panjang Natal dan Tahun Baru, sejumlah operator seluler menegakkan kesiapannya untuk menghadapi lonjakan trafik telekomunikasi pada momen tersebut. Indosat Ooredoo, Telkomsel, dan XL Axiata telah menyiagakan peralatannya guna mengamankan telekomunikasi sepanjang Natal dan Tahun Baru 2017.

KAI Tolak 10.432 Penumpang saat Libur Natal, Ini Alasannya

Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo meningkatkan aktivitas komunikasi kepada pelanggan yang tengah merayakan dan mengisi libur mereka. Indosat Ooredoo menjamin pelanggan dapat berkomunikasi dengan lancar selama lonjakan trafik telekomunikasi.

Jalur Puncak Bogor Padat Merayap Diserbu Wisatawan Jelang Libur Natal

Operator ini telah meningkatkan kapasitas layanan suara, SMS, dan data. Peningkatannya menjadi 2,244 juta menit/hari (37,4 juta Erlang/hari), kapasitas layanan SMS ditingkatkan menjadi 1,892 miliar SMS/hari, dan kapasitas layanan data ditingkatkan jadi 6,890 Terabyte/hari.

Indosat Ooredoo menyebutkan peningkatan tersebut telah diperhitungkan berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian, operator ini siap melayani 81,6 juta pelanggannya dengan dukungan 54.212 Base Tranceiver Station (BTS).

Kota Bekasi Berlakukan Tiga Titik Penyekatan Selama Libur Nataru

Telkomsel

Sementara Telkomsel telah menyiagakan sekitar 723 BTS secara khusus untuk momen Natal dan Tahun Baru 2017.

Pada momen libur tersebut, Telkomsel memprediksi trafik tertinggi hingga 4.10 PB (Petabyte) atau naik lebih dari 118 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan ini karena mulai masifnya penggunaan layanan data untuk video & streaming, games online, media sosial, percakapan dan berbagai aplikasi.

Telkomsel memperkirakan layanan suara menjadi 1,52 miliar menit dan SMS diprediksikan menjadi 892 juta SMS/hari.

Untuk mengantisipasinya saat lonjakan trafik telekomunikasi tersebut, Telkomsel meningkatkan kapasitas untuk layanan internet menjadi 837 Gbps atau naik 78 persen dari tahun lalu. Dalam hal kemampuan penanganan pelanggan Visitor Location Register (VLR) ditingkatkan sebesar 241 juta pelanggan (naik 0,8 persen dari tahun 2015). Kapasitas Home Location Register (HLR) sebesar 313 juta pelanggan. 

Sedangkan kapasitas Online Charging System (OCS) sebesar 177 juta diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data. Selain itu sebanyak 124 ribu BTS Telkomsel yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara, dipastikan berfungsi dengan baik untuk melayani pelanggan di mana pun mereka berada.

XL Axiata

Untuk mengatasi lonjakan trafik telekomunikasi pada pekan depan ini, XL menambah kapasitas jaringan di sejumlah daerah. XL menyiapkan tim khusus yang bersiaga sepanjang Natal dan Tahun Baru 2017.

XL memprediksi akan terjadi kenaikan trafik secara rata-rata sebesar 5-20 persen, dengan layanan data akan mendominasi. XL mengaku dengan infrastruktur jaringan miliknya yang ada saat ini masih mampu melayani kemungkinan kenaikan trafik semua layanan, sekaligus menjaga kualitasnya.

Karena itu, XL tidak perlu menambah BTS khusus di suatu daerah. Meski begitu, XL juga menyiapkan sejumlah BTS bergerak (mobile BTS) untuk mengantisipasi lonjakan trafik di suatu area tertentu. Secara khusus XL menyiapkan penambahan kapasitas jaringan di area publik, termasuk pusat-pusat perbelanjaan, terminal, stasiun kereta, bandar udara, lokasi wisata, serta jalan tol di semua wilayah layanan XL.

Jalan raya yang menghubungkan Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur mendapatkan perhatian khusus pula, mengingat ada perkiraan jumlah pengguna jalan ke kedua provinsi akan meningkat seiring dengan semakin mudahnya akses setelah ada jalan tol.

Kenaikan trafik terutama pada layanan data cenderung terjadi di semua wilayah dengan kenaikan terbesar diperkirakan terjadi di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan kenaikan sekitar 20 persen.

Lebih spesifik lagi, diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik yang cukup signifikan di daerah Kebumen, Pekalongan, serta di Bukittinggi Sumatera Barat, dengan kenaikan trafik di atas 50 persen.
 
Infrastruktur jaringan XL saat ini ditopang oleh lebih dari 81 ribu BTS, termasuk lebih dari 7 ribuan BTS 4G. Selain itu, jaringan tulang punggung fiber optik XL membentang sejauh lebih dari 40 ribu Km, yang menghubungkan hampir seluruh wilayah di bagian barat dan tengah Indonesia, dari Sumatera dan kepulauan, Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi, serta Kalimantan.

XL juga terus memperluas cakupan layanan 3G dan 4G LTE. Khusus layanan 3G, dengan memanfaatkan spektrum 900 MHz, XL secara signifikan telah memperluas layanan 3G ke berbagai daerah termasuk di luar Jawa dalam waktu singkat. Sementara itu, untuk layanan 4G, hingga saat ini sudah 89 kota terlayani dan akan terus bertambah di tahun depan.
 
XL menyiagakan petugas layanan 1250 orang yang melayani di semua jenis saluran. Pelanggan bisa menyampaikan keluhan dan meminta informasi mengenai layanan XL melalui saluran Call Center 817, email CustomerService@xl.co.id, XL Center, Xplor, serta melalui CS Social Media di Facebook dan Twitter. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya