Tips Terbaik Perawatan Harian Kulit Berminyak

Ilustrasi wanita
Sumber :
  • musicFactory lehmannsound/Pexels

VIVA.co.id – Di musim hujan, cuaca cenderung dingin dan kondisi ini akan memengaruhi kondisi kulit Anda, tak perduli apapun jenis kulit Anda. Bahkan bagi pemilik kulit berminyak, cuaca dingin akan membuat kulit menjadi kering dan kasar.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Dengan kulit beminyak, apakah Anda tetap memerlukan pelembap? Berikut ini penjelasan oleh ahlinya seperti dilansir dari Teen Vogue.

Menurut ahli kecantikan selebriti di New York, Joanna Vargas mengatakan, meski kulit Anda sangat berminyak, Anda tetap memerlukan pelembap. "Jangan biarkan wajah Anda tanpa pelembap. Pelembap dapat melindungi kulit dari polusi dan kotoran," katanya.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Melewatkan pelembap dalam rutinitas harian Anda, sama saja dengan meminta datangnya masalah kulit. Elizabeth Tanzi, M.D, seorang dermatologis dan Direktur Capital Laser & Skin Care di Wanshington menuturkan, pelembap tidak cukup menghidrasi seluruh wajah sekalipun wajah Anda berminyak.  

Tidak hanya harus menggunakan pelembap, tapi Anda juga perlu memperhatikan kandungan dalam pelembap tersebut, karena tidak semua pelembap memiliki kandungan serupa. Periksa daftar bahan, karena satu saja bahannya tak sama, bisa memberikan perbedaan besar.

Merawat kulit dari Bahan Vegan

"Minyak jojoba dapat mengontrol produksi sebum berlebih tanpa pengupasan kulit, karena minyak alami," kata Vargas.

Minyak jojoba mirip dengan minyak alami kulit, sehingga tidak akan menyebabkan jerawat. Ini adalah salah satu kandungan yang sebaiknya ada dalam pelembap Anda.

Dan hal lain yang perlu dilakukan adalah sediakan humidifier atau alat pelembap udara. Varga mengatakan bahwa humidifier di kamar tidur akan membantu kulit mempertahankan kelembapannya saat tidur, karena alat ini menyemprotkan uap air sepanjang malam, sehingga menyeimbangkan kadar air di udara dan melakukan hal yang sama untuk kulit Anda.

Anda juga sebaiknya mengecek pembersih wajah yang Anda gunakan. Sebab, bahan aktif umum yang dirancang untuk kulit berminyak bisa sangat mengeringkan kulit saat digunakan pada cuaca dingin.

"Orang dengan kulit berminyak cenderung menggunakan pembersih dengan banyak mengandung asam glikolat atau salicylic di dalamnya. Namun jika kulit Anda semakin kering setelah menggunakannya selama cuaca dingini, ganti pembersih Anda," kata Tanzi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya