Kadin Respon Positif Redemoninasi Rupiah

Uang rupiah tampak Penari
Sumber :
  • Romys B/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kamar Dagang dan Industri Indonesia menilai redenominasi adalah hal positif yang dapat dilakukan di Indonesia, karena akan lebih menyederhanakan perhitungan angka, seperti di negara-negara lainnya. Tidak terlalu banyak angka nol yang digunakan.

Top Trending: Desain Redenominasi Rupiah, Bule di Bali Boncengan Tanpa Celana

"Buat kita kadang kalau nol-nya kebanyakan negara lain lihat negara kita masih agak terbelakang," ucap Kepala Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roslani, di Menara Kadin Jakarta pada Rabu, 21 Desember 2016.

Rosan menilai kalau itu dapat diterapkan sebenarnya tidak berpengaruh signifikan kepada laju perekonomian. Dikarenakan hal itu bukan persoalan fundamental ekonomi. Selain itu, redenominasi tidak akan mengurangi sedikit pun nilai dari mata uang tersebut.

Viral Desain Redenominasi Rupiah, Ini Penjelasan BI

Namun, Rosan mengatakan redenominasi masih jauh untuk  dilakukan di Indonesia. Pembahasannya bahkan membutuhkan waktu yang sangat lama hingga delapan tahun.  

"Redominasi itu kan wacana, yang (mungkin) akan dibicarakan pada 7-8 tahun lagi baru ada ke arah sana," ujarnya.

Kulik Semua Tentang Redenominasi Rupiah Di Sini, Pengertian Hingga Dampaknya

Sementara itu, ia mengungkapkan perubahan pada tampilan 11 mata uang Indonesia sudah memberikan kesegaran variasi tersendiri dalam aktivitas perekonomian dalam negeri, karena lebih berwarna.

Momen nukar uang baru

Viral! Demi Uang Baru untuk Lebaran, Warga Cikampek Rela Letakkan Sandal untuk Dapat Antrean

Demi mendapatkan uang pecahan dengan nominal yang diinginkan, mereka rela mengantre lama serta panjang. Tidak hanya di Istora Senayan, nampak di beberapa tempat pun sama.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024